Jokowi Berikan Gelar Pahlawan Nasional

SUARADEWAN.com – Penyerahan penghargaan Pahlawan Nasional telah diadakan di Istana Negara, tanggal 7 November 2021.

Presiden Joko Widodo memberikan penghargaan Pahlawan Nasional yang dihadiri oleh para ahli waris penerima. Adapun para penerima penghargaan tersebut adalah:

1. DR dr HR Soeharto Sastrosoeyoso

Beliau adalah dokter pribadi Bung Karno sebelum kemerdekaan. Beliau juga penggagas berdirinya Ikatan Dokter Indonesia (IDI), juga pendiri bank pertama di Indonesia, Bank Nasional Indonesia (BNI), dan sempat menduduki berbagai posisi pemerintahan di awal kemerdekaan. Beliau juga memelopori program Keluarga Berencana.

2. KGPAA Pakualam VIII

Baca Juga:  Pengamat: Butuh Aturan Setingkat Perpres agar Pelarangan Mudik 2021 Berjalan Efektif

Selain berperan sebagai pemimpin mendampingi Suktan Hamengkubuwono IX, KGPAA Pakualam VIII juga berperan penting dalam memerangi buta huruf di Yogyakarta. Ia ikut mendirikan berbagai lembaga pendidikan, seperi UGM, UNY, dan IAIN Sunan Kalijaga.

3. H Salahudin bin Talibuddin

Berasal dari Maluku Utara, H Salahudin bin Talibuddin dikenal sebagai pejuang dalam melawan Belanda. Ia juga yang mengibarkan bendera Merah Putih yang pertama kali di Maluku Utara.

4. dr R Rubini Natawisastra

Berasal dari Kalimantan Barat dr R Rubini Natawisastra dikenal sebagai dokter, pemimpin partai politik, dan pejuang kemanusiaan dan kemerdekaan.

Baca Juga:  Presiden Joko Widodo Menghadiri KTT ASEAN Ke-40 Hari Ini

5. KH Ahmad Sanusi

Berasal dari Jawa Barat, KH Sanusi adalah seorang pejuang melawan penjajah. Ia juga merupakan anggota BPUPKI, dan pendiri Persatuan Umat Islam (PUI). Dalam perjuangannya ia kerap dijebloskan ke penjara oleh Belanda.

Lima tokoh tersebut telah diseleksi melalui Dewan Tanda Jasa, Tanda Gelar, dan Tanda Kehormatan, dan dikukuhkan dengan Keputusan Presiden RI No. 96 TK tahun 2022.

Dalam pelaksanaan penyerahan penghargaan tersebut Presiden Jokowi memimpin langsung pengheningan cipta, dan Sekretaris Militer Presiden Laksda Hersan membacakan surat keputusan presiden. ***

 

Tinggalkan Balasan

banner 728x90