HomeInternasionalAsia-Afrika-Pasifik

Jokowi Diminta Menghadiri ASEAN-Australia Summit

Jokowi Diminta Menghadiri ASEAN-Australia Summit

JAKARTA, SUARADEWAN. com – Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull mengundang Presiden Joko Widodo menghadiri ASEAN-Australia Summit yang akan digelar pada pertengahan Maret 2018. Undangan disampaikan langsung Menteri Dalam Negeri Australia Peter Dutton kepada Presiden di Istana Merdeka, Jakarta.

“Tadi Mr Peter Dutton melakukan kunjungan kehormatan kepada Bapak Presiden sekalian sampaikan undangan PM Turnbull kepada Bapak Presiden untuk hadir dalam ASEAN-Australia Summit di pertengahan bulan ini,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (5/3).

Baca Juga:  Mantan Staf Khusus SBY Nilai UKP-Pancasila Akal-akalan Pemerintah

Selain menghadiri KTT, kata dia, Presiden juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan Turnbull. Namun, ia tak menjelaskan apa saja yang akan dibahas dalam pertemuan. Retno menjelaskan kedatangan Peter sekaligus memperkenalkan portofolio baru Kementerian Dalam Negeri Australia. Peter menjelaskan berbagai tugasnya dalam memimpin Kementerian Dalam Negeri Australia.

“Di bawah portofolio tersebut Peter memiliki tanggung jawab antara lain terkait dengan masalah security intelijen organization yang ada di bawah Kemendagri, polisi, Australian Border Forces, Australian Criminal Intelligence, dan terkait masalah counter-terrorism,” jelas Retno.

Baca Juga:  Jokowi Dinilai Mampu Mencairkan "Kekakuan" Istana

ASEAN-Australia Summit 2018 akan digelar di Sydney, Australia. Ini merupakan kali pertama Australia menyelenggarakan pertemuan puncak dengan ASEAN. KTT digelar untuk memperkuat kemitraan strategis Australia dengan ASEAN dan memberikan manfaat ekonomi dan keamanan yang nyata ke Australia.

Sebagai sebuah kelompok, ASEAN merupakan mitra dagang terbesar ketiga Australia. KTT memberikan forum penting untuk membahas bagaimana membuat kawasan lebih aman dan sejahtera.(af)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: