Jokowi Himbau BPDLH agar Anggarannya Difokuskan ke Kegiatan Terkait Lingkungan Hidup

SUARADEWAN.com – Dalam rangka menindaklanjuti hasil COP27 UNFCCC di Sharm El Sheikh Mesir dan KTT G20 di Bali, Pemerintah melalui BPDLH mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup Tahun 2022 dengan tema “Penguatan Aksi Bersama untuk Pendanaan Lingkungan Hidup Berkelanjutan” pada Rabu (21/12/22) dan akan berlanjut sampai Kamis besok.

Bertepatan dengan rakernas BPDLH tersebut Presiden Jokowi menyampaikan arahan-arahan serta mendorong
Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup
untuk memprioritaskan anggaran pada kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan hidup, seperti urusan sampah, konservasi fauna dll.

“Ada banyak aktivitas lingkungan hidup yang harus dikerjakan, dari urusan sampah, konservasi fauna, konservasi flora, rehabilitasi hutan mangrove, rehabilitasi hutan hujan tropis, hingga rehabilitasi lahan gambut,” tulis Jokowi di instagram, Rabu (21/12) malam.

“Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) yang hari ini melaksanakan Rakernas, saya dorong untuk memprioritaskan anggarannya pada kegiatan-kegiatan nyata yang berkaitan dengan lingkungan hidup,” sambungnya.

Jokowi memberikan beberapa contoh yang sampai saat ini masih menjadi PR pemerintah, seperti pengelolaan sampah dan pengelolaan lahan mangrove.

“Misalnya, kegiatan pengelolaan sampah, karena hingga saat ini belum ada daerah di Tanah Air yang berhasil dalam hal itu. Selain itu, dimanfaatkan untuk pengelolaan lahan mangrove. Masih banyak lahan mangrove kita yang harus kita perbaiki,” ujarnya.

Presiden menegaskan, agar anggaran
BPDLH bisa difokuskan pada kegiatan nyata yang berhubungan langsung dengan lingkungan hidup.

“Sekali lagi, saya minta anggaran BPDLH difokuskan ke kegiatan yang nyata terkait lingkungan hidup. Jangan sampai anggaran ini diecer ke mana-mana dan tidak memberikan dampak yang nyata kepada negara kita dan dunia,” pesan Jokowi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90