Jokowi Imbau Cek Fakta di Pasar, Jangan Asal Bapak Senang

Jokowi dalam Rakornas 2023 mengajak para kepala daerah mengatasi inflasi. (Foto: instagram @jokowi)

SUARADEWAN.com – Presiden Jokowi mengajak seluruh gubernur, bupati, dan walikota bertemu pada Rakornas Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Se-Indonesia di Bogor, pada 18 Januari 2023.

Pada pertemuan tersebut, Presiden Jokowi mengajak seluruh kepala daerah dan Bank Indonesia untuk mengatasi inflasi yang dialami Indonesia sebesar 5%.

Presiden Jokowi juga menekankan agar para kepala daerah rajin memeriksa harga komoditas di pasar dan tidak menyandarkan pada informasi yang diperoleh dari bawahan saja.

Hal ini berkaitan dengan naiknya harga beras yang cukup banyak pada 79 daerah. Juga kenaikan harga telur di 89 daerah, tomat di 82 daerah, dan daging ayamras di 75 daerah.

Presiden Jokowi mengimbau agar kenaikan harga tersebut dapat diatasi untuk mengantisipasi kejadian yang besar atau lonjakan harga yang menjadikan warga tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Tolong para bupati, wali kota, gubernur sering-sering masuk pasar, cek betul apakah data yang diberikan itu sesuai dengan fakta di lapangan.

Sudah enggak musim yang namanya bawahan ABS (asal bapak senang), dengan laporan: “Pak, baik Pak. Enggak ada yang naik Pak. Harga stabil Pak”. Harus cek langsung ke lapangan,” imbau Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga meminta kepala-kepala daerah untuk meninjau kembali tarif air dan angkutan umum, dan tarif-tarif lain yang menjadi kewenangan pemerintah.

“Penyesuaian tarif harus dihitung secara tepat karena berpotensi menaikkan tingkat inflasi di daerah tersebut,” Presiden menjelaskan. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90