HomeEkonomi

Jokowi: MRT Insya Allah Beroperasi Awal Tahun 2019

Jokowi: MRT Insya Allah Beroperasi Awal Tahun 2019

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meninjau proyek terowongan bawah tanah mass rapid transit (MRT) Jakarta Fase I, Setiabudi, Kamis (23/2). Ia mengatakan terowongan yang dibangun untuk MRT ini telah tersambung keseluruhannya.

“Hari ini kita sudah bisa menyampaikan bahwa seluruh terowongan yang dibangun untuk MRT hari ini sudah sambung,” katanya Jokowi saat meninjau proyek MRT.

Jokowi mengatakan, MRT ditargetkan akan mulai beroperasi pada Maret 2019. Namun, pada 2018 saat perhelatan ASIAN Games digelar, proyek ini sudah selesai pengerjaannya. Karena itu, ia meminta agar jadwal pengerjaan proyek MRT ini dilakukan tepat waktu.

“MRT ini akan beroperasi Insya Allah Maret 2019 tapi pada saat ASIAN Games 2018 di atas sudah semuanya jadi dan sudah bersih,” ujarnya.

Terkait dengan pembiayaan pengerjaan proyek ini, Presiden mengatakan dari berbagai sumber pendanaan dikombinasikan, baik dari APBN, APBD, maupun kerjasama antara pemerintah dan badan usaha.

“Pendanaan ini banyak sekali bisa dari APBN, bisa dari kombinasi APBN dan APBD seperti di sini bisa, dari PPP kerjasama antara pemerintah dan badan usaha bisa. Bisa juga dari investasi,” terangnya.

Dengan berbagai kombinasi pembiayaan tersebut, menurut Jokowi, dapat mempercepat pembangunan infrastruktur.

“Menurut saya masalah pembiayaan sampai saat ini belum ada keluhan baik dari kementerian maupun dari BUMN,” ungkap Jokowi.

Saat meninjau pembangunan proyek MRT, Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono serta Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. (ET)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0