HomeNasionalEkonomi

Jokowi Pertahankan PPKM, Epidemiolog: Indonesia Bukan Kejar Herd Immunity

Jokowi Pertahankan PPKM, Epidemiolog: Indonesia Bukan Kejar Herd Immunity

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Presiden Joko Widodo yang mempertahankan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berlevel hingga tanggal 30 Agustus, 2021. Epidemiolog Universitas Indonesia Iwan Ariawan setuju dengan langkah Kepala Negara.

Menurutnya, keputusan ini sejalan dengan target penanganan pandemi di Indonesia.

“Kita harus meluruskan bahwa kekebalan komunal atau herd immunity sangat sulit dicapai saat ini. Bahkan negara kita secara kebijakan itu bukan herd immunity lagi targetnya, tapi bagaimana agar pandemi ini teratasi,” ujar Iwan dalam program Breaking News di Metro TV, Senin, 23 Agustus 2021.

Baca Juga:  Jelang PPKM Mikro, Penjagaan di Posko Perbatasan Boltim Diperketat

Sistem PPKM bertingkat ini sudah sesuai dengan indikator penanganan yang ditetapkan World Health Organization (WHO). Di sisi lain, kebijakan menurunkan Jabodetabek menjadi PPKM level 3 juga dianggap keputusan tepat.

“Sekarang sudah jauh lebih baik dari PSBB dan PPKM yang dulu, karena pelonggaran dari kegiatan ini sudah dibahas bersama para ahli,” kata dia.

Baca Juga:  IUP Ilegal, DPP GEMPITA akan Laporkan PT. KPI & PT Askon ke Mabes Polri dan KLHK

Namun, Iwan mengimbau aturan dalam PPKM berlevel ini harus dipatuhi oleh masyarakat. Hal ini diperlukan agar kasus cepat tertangani.

“Selain itu perlu disertai juga testing dan tracing yang tinggi. Memang Pak Presiden sudah bilang tracing kita sudah meningkat. Memang ini diperlukan,” kata dia. (Metro TV)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0