Jokowi: Tugas Utama Guru Adalah Membuat Murid Jadi Kritis

SUARADEWAN.com – Hadir dalam peringatan HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional, Jokowi katakan, tugas utama guru adalah membuat murid agar menjadi kritis. Pidato Jokowi tersebut bisa dilihat dari siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (3/12).

Itu adalah pesan khusus yang disampaikan Jokowi. Proses pengajaran harus membuat anak-anak memiliki daya kritis yang baik.

Ia menilai, bahwa ilmu pengetahuan selalu berubah dan berkembang. Kita baru pelajari sekarang, besoknya sudah keluar yang lain, sudah berubah yang lain. Sehinga guru harus selalu meng-update informasi.

Oleh karenanya membuat murid menjadi kritis adalah yang lebih penting agar bisa menghadapi segala perubahan.   Itu pesan khusus Jokowi saat memberi sambutan dalam peringatan HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional 2022 di Semarang.

Jokowi kemudian bicara soal hal terpenting dalam proses pengajaran. Menurutnya, proses pengajaran harus membuat anak-anak memiliki daya kritis yang baik.

“Proses yang terpenting dalam pengajaran, menurut saya, saat ini adalah bagaimana proses pengajaran itu agar anak memiliki daya kritis yang baik,” ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan fleksibilitas dibutuhkan untuk memicu anak-anak memiliki daya kritis. Dia mengatakan fleksibilitas pengajaran juga dibutuhkan karena ilmu pengetahuan yang terus berkembang.

“Sehingga fleksibilitas itu diperlukan, tidak kaku, harus fleksibel karena ilmunya berkembang cepat sekali,” ujarnya. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90