HomeEkonomi

Jokowi Tuntut Pengusaha Muda Lebih Gencar Berinovasi

Jokowi Tuntut Pengusaha Muda Lebih Gencar Berinovasi

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Hal tersebut disampaikan oleh Jokowi saat menghadiri pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Hotel Ritz-Carlton, Mega Kuningan Jakarta Selatan, Senin 27 Maret 2017.

Jokowi mengatakan bahwa prediksi di tahun 2045, Indonesia akan menempati posisi keempat di negara-negara dunia dalam hal pertumbuhan ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi ini bukan prediksi asal-asalan. Perhitungan tersebut sudah dilakukan dengan matang oleh kabinet kerja di bidang perekonomian.

“Saya sudah minta ke Menko dan Menkeu untuk berhitung, 2045 saat 100 tahun merdeka kita akan berada di posisi mana,” kata Jokowi.

Jokowi pun tidak meragukan perhitungan tersebut. Karena, menurutnya, yang melakukan perhitungan merupakan ahli di bidangnya dan bertaraf internasional.

“Siapa yang meragukan Sri Mulyani (Menkeu), siapa yang meragukan Darmin Nasution (Menko Perekonomian). Ini jago-jago ekonomi kelas internasional,” imbuhnya.

Jokowi menyebut, angka Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada 28 tahun mendatang akan mencapai US$ 9,1 triliun dengan pendapatan per kapita sebesar US$ 29 ribu. Dengan rata-rata mencapai 5 hingga 6%.

Selain itu, jumlah penduduk Indonesia yang juga diprediksi akan bertambah hingga 309 juta jiwa. Meningkat jika dibandingkan saat ini yang hanya mencapai lebih dari 205 juta jiwa.

Jelasnya, prediksi tersebut merupakan pencapaian besar jika masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda bisa berusaha keras dalam memajukan perekonomian Indonesia. Ia berharap, organisasi seperti HIPMI memiliki peranan besar dalam merealisasikan proyeksi angka-angka tersebut.

“Ini merupakan era kompetisi. Pengusaha muda dituntut lebih gencar berinovasi agar menciptakan daya saing yang sehat,” harap Jokowi tegas.

Ia pun berharap pengusaha muda tidak terlalu bergantung pada pemerintah sebagai pembuat kebijakan.

“Jadi, jangan sampai pengusaha muda minta-minta fasilitas. Jangan minta ke saya. Mazhab saya adalah mazhab persaingan tetapi memberikan peluang kepada pemuda,” pungkasnya. (ms)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: