Jokowi: Yang Disambut, Yang Bikin Macet

Presiden Jokowi disambut para pelajar dan pendidik ketika mengunjungi kawasan wisata Pantai Bunaken. (Foto: instagram @jokowi)

SUARADEWAN.com – Sambutan masyarakat terhadap kunjungan Presiden Jokowi selalu diwarnai kegembiraan dan keharuan. Termasuk saat Presiden Jokowi mengunjungi beberapa tempat publik di Sulawesi Utara pada 18-20 Januari 2023 lalu.

Bahkan di Pasar Pinasungkulan, Manado, seorang pedagang bernama Ramona Ali berjoget-joget di atas meja karena sangat senang baru saja berjabat dan menerima amplop dari Presiden Jokowi.

Dalam video yang beredar di YouTube, Ramona dengan jenaka mengatakan ingin membuka amplop dulu setelah mendengar sambutan kata-kata mutiara dari Jokowi.

Katanya uang amplop tersebut akan digunakan untuk tambahan modal berdagang kecil-kecilan. Mengetahui isi amplopnya sejumlah lembaran ratusan ribu, ia pun kembali heboh dengan berjingkrak dan berteriak.

Kedatangan Presiden Jokowi di Pasar Airmadidi ternyata juga mengundang warga untuk datang ke pasar. Jalanan kemudian macet karena kerumunan warga.

Presiden Jokowi kemudian memilih turun dari mobil dan berjalan selama 30 menit sambil membagikan kaos. Setelah itu baru Presiden memasuki mobil untuk melanjutkan kunjungan ke Bendungan Kuwil Kawangkoan.

Saat memberikan sambutan di bendungan tersebut, Presiden Jokowi memberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan beliau seputar fungsi bendungan. Dan dua siswa yang berhasil menjawab mendapatkan sepeda dari beliau.

Di Bunaken, Presiden Jokowi disambut dengan paduan suara dari para pelajar di tepi pantai. Keharuan mengiringi saat para penduduk yang rumahnya dibangunkan homestay menyambut Presiden Jokowi datang meninjau.

Malam harinya sebelumnya, Presiden Jokowi berjalan-jalan di pusat perbelanjaan Manado dan memutuskan bersantap malam di restoran Gula Merah. Supervisor dari restoran tersebut terkejut karena kedatangan Presiden yang tak pernah disangka.

“Luar biasa, Pak. Jadi ini salah satu momen yang benar-benar buat saya sekali seumur hidup ketemu sama Bapak yang benar-benar luar biasanya rendah hati yang bagi saya luar biasa, enggak bisa diungkapkan dengan kata-kata,” ujar Rico Suwu, Supervisor Gula Merah.

Rico Suwu mengatakan hidangan yang dipilih Presiden Jokowi adalah empal cabai hijau, empal balado, tempe bacem, dan nasi goreng. Dan untuk minuman, beliau memilih es teh manis dan es campur.

Setelah bersantap, Presiden Jokowi berkeliling mall. Setiap warga yang hendak berfoto pun tidak ditolak oleh Presiden.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90