HomeDaerahTangerang Raya

JPPI Sebut Sekolah di Tangsel Terima Siswa Titipan Dari Pejabat

JPPI Sebut Sekolah di Tangsel Terima Siswa Titipan Dari Pejabat

TANGSEL, SUARADEWAN.com – Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) sebut Sekolah di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terima titipan siswa dari pejabat.

Hal tersebut, disampaikan oleh Koordinator Advokasi JPPI Nailul Faruq berdasarkan data pengaduan masyarakat melalui portal www.laporpendidikan.com, selama proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2017.

“Sudah ada 481 suara pengaduan yang masuk, dengan tujuh macam kasus. Itu data terakhir tanggal 06 Juli 2017, adapun salah satu kasus yang dilaporkan yakni terkait adanya siswa titipan pejabat yang terjadi dibanyak tempat, Kota Tangsel salah satunya,” ujar Nailul Faruq kepada SuaraDewan.com, pada Selasa (11/7).

Baca Juga:  JPPI: Tindak Tegas Oknum yang Melakukan Pungli dan Jual Beli Bangku Sekolah

Nailul Faruq menyebutkan, selain siswa titipan pejabat, ada banyak istilah lainnya yang digunakan warga dalam aduan tersebut. Seperti, titipan teman kepala sekolah atau guru, serta titipan kerabat. Kejadian ini juga ada di sejumlah kota lain, diantaranya Kota Bekasi, Depok, Bogor dan Cimahi.

“Berdasarkan data terakhir, Prosentase kasus titipan pejabat ada dua persen atau 11 pengaduan. Untuk Kota Tangsel ada tiga pengaduan,” sebutnya.

Baca Juga:  Plagiat, Aliansi Masyarakat Pemerhati Pendidikan dan Anti Plagiat Kecam Muhammad Zamrun Firihu

Nailul Faruq menegaskan, meski PPDB dilakukam lewat jalur online, tidak menutup kemungkinan adanya kecurangan melalui cara-cara titipan atau rekomendasi seperti yang sudah diadukan warga. Oleh sebab itu hentikan nepotisme dalam pendidikan.

“Jangan sampai anak miskin tidak dapat bersekolah karena kuota habis gara-gara kasus tersebut. Tindak tegas pelaku pungutan liar (pungli) di sekolah, dalam hal ini jika ditemukan pungutan yang bersifat pungli, pada proses PPDB di tahun 2017, maka harus ditindak tegas,” tandasnya. (fn)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0