HomeDaerahSulutenggo

Kadis DP3A Prov Sulut dr. Kartika Devi Tanos Kunjungi Boltim

Kadis DP3A Prov Sulut dr. Kartika Devi Tanos Kunjungi Boltim

BOLTIM, SUARADEWAN.com — Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) dr. Kartika Devi Tanos MARS, Rabu (1/11) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim)

Kunjungannya ke Boltim tersebut, diawali dengan meninjau jalannya vaksinasi kepada siswa-siswi di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kotabunan, tepatnya di Desa Buyat.

“Salah satu tujuan ke Boltim, untuk meninjau pemenuhan hak-hak anak di bidang kesehatan, menyangkut masa pandemi yang sekarang ini, kemudian kita melihat hak-hak anak di Boltim untuk mendapatkan vaksinasi dasar maupun vaksinasi mencegah Covid-19, apakah sudah berjalan dengan baik,” ujarnya.

Baca Juga:  Pemkab Boltim Teken MoU Dengan Kemenkumham Terkait Pembentukan Produk Hukum Daerah

Selain itu, tujuan kunjungan DP3A tersebut dalam rangka mengampanyekan anti kekerasan terhadap perempuan, serta menyerahkan bantuan secara komprehensif kepada perempuan.

Kartika Devi mengatakan bahwa kunjungan DP3A ini juga bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sulut dan Bank SulutGo, yang akan dilakukan selama 16 Hari.

“Sedangkan pelatihan yang kami berikan seperti menjahit dan memasak sekalian diberikan bantuan peralatannya. Dan yang menjadi fokus kami untuk diberikan bantuan, yakni perempuan yang menjadi kepala rumah tangga, dan perempuan penyintas kekerasan dan bencana,” ujarnya.

Baca Juga:  Pemkab Boltim Terima Piagam Penghargaan LPMP Provinsi Sulawesi Utara

Selain itu, kata dia, mereka juga diberi pelatihan menabung di bank dengan cara membuka rekening terlebih dahulu, kemudian pihak bank akan memberikan bantuan untuk usaha mereka yang dinamakan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Nantinya pihak bank akan melihat potensi-potensi usaha mereka yang telah diberikan pelatihan, kemudian akan mendapatkan kredit usaha tanpa anggunan,” jelasnya.

Kartika dan rombongan juga menyempatkan diri bertemu perempuan-perempuan hebat, yakni Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Pantai Baret Tutuyan, Kecamatan Tutuyan. (DM)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0