oleh

Kapal Laut Tujuan Ternate-Sanana Bermuatan 181 Penumpang Terbakar di Tengah Laut

TERNATE, SUARADEWAN.com – Insiden terbakarnya kapal laut kembali terjadi. Kali ini peristiwa naas itu menimpa Kapal Motor (KM) Karya Indah tujuan Ternate – Sasana.

Dalam rekaman video yang beredar, api terlihat di salah satu ruang kabin kapal. Lalu asap hitam kecoklatan tampak membubung tinggi.

Informasi yang diperoleh menyebutkan bahwa kapal ini terbakar di perairan Pulau Lifamatola, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, Sabtu (29/5/2021) pagi.

Disebutkan bahwa ada 181 penumpang yang ikut dalam pelayaran kapal tersebut. Mereka tampak bersiap-siap untuk evakuasi sambil menggunakan life jacket. Beberapa orang di antaranya anak-anak dan perempuan.

Baca Juga:  Akibat Perahu Bocor, 9 Petani Majalengka Meninggal Dunia

Kepala Basarnas Ternate, Muhamad Arafah, mengatakan pihaknya melalui Unit Siaga SAR Sanana menerima informasi tersebut dari Sofyan, Kasat Polair Sanana sekitar pukul 08.30 WIT. Kapal dengan rute Ternate – Sanana itu dikabarkan mengalami kebakaran kurang lebih 5 mil arah Timur Laut dari Pulau Lifamatola.

Setelah menerima laporan itu, sekitar pukul 08.50 WIT, Tim Rescue Unit Siaga SAR Sanana berangkat menuju ke LKP untuk melaksanakan pencarian dan pertolongan menggunakan RIB 01. Estimasi waktu tiba di LKP pukul 10.23 WIT.

Hingga berita ini terbit, semua unsur yang terlibat dalam pencarian ini di antaranya Tim Basarnas Rescue Unit Siaga SAR Sanana, Pol Air Sanana, KUPP Sanana, dan warga. Sementara Posko pengendalian operasi SAR ini dipusatkan di Kantor Basarnas Ternate masih terus melakukan pencarian dan pertolongan terhadap para korban. (JPc/red)

Komentar

Berita Lainnya