HomeHankam

Kapolri Ingatkan Tantangan Baru di Era Globalisasi

Kapolri Ingatkan Tantangan Baru di Era Globalisasi

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian mengingatkan tentang tantangan baru yang muncul karena pengaruh Globalisasi, utamanya terkait dengan tindak kejahatan yang semakin lama semakin banyak dan kompleks.

“Di antaranya adalah narkoba, terorisme dan kejahatan lainnya yang semakin bervariasi dan canggih,” urai mantan kepala Densus 88 Antiteror tersebut, Senin (13/2).

Baca Juga:  Kapolri: Kedepankan Persatuan dan Kesampingkan Primordialisme

Di Era Globalisasi, lanjut mantan Kapolda Metro Jaya ini, dunia sudah menjadi seperti Small Village, katanya saat menghadiri hari ulang tahun ke-70 Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di kawasan Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, Minggu (12/2).

Hal itu terbukti dari luasnya akses informasi yang bisa jangkau masyarakat seluruh dunia yang melampaui batas-batas teritori suatu Negara. Bahkan perkembangan teknologi informasi tersebut telah ikut mendorong gelombang ke-3 globalisasi. Sehingga, masyarakat pun berubah menjadi masyarakat yang informatif.

Baca Juga:  Bentrok Ojek Online vs Sopir Angkot Kembali Terjadi, Kapolri Tegur Polisi Bogor

Selain perkembangan teknologi informasi yang pesat, menurut Tito perkembangan moda transportasi juga menjadi semakin baik. “Transportasi dan pergerakan dari satu daerah dengan daerah lain, menjadi lebih mudah,” ujar laki-laki kelahiran Palembang ini.   (ZA)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0