HomeHankam

Kapolri: Orang Cerewet Susah Direkrut Jadi Teroris

Kapolri: Orang Cerewet Susah Direkrut Jadi Teroris

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengungkapkan sejumlah alasan dan ciri orang yang mudah untuk direkrut menjadi teroris.

Menurut Tito, ciri orang yang mudah untuk dijadikan teroris diantaranya adalah mereka yang pendiam dan lemah secara intelektual.

Adapun cara yang digunakan untuk merekrut mereka adalah dengan tatap muka atau face to face, kegiatan pengajian, lalu online melalui internet dan berkomunikasi chatting.

“Yang bisa direkrut cenderung mudah menerima sesuatu, tidak kritis dan pendiam. Ada satu penelitian mahasiswa dari science fisika dan kimia. Itu yang sosial dan politik, kritis mereka,” kata Tito dalam salah satu acara, Jumat (26/5).

Baca Juga:  Waspada ! Tahun 2018 Teror dengan Sasaran Polisi Masih akan Terjadi

Tito mengaku sempat bertanya langsung pada orang yang sempat mau direkrut menjadi anggota kelompok teroris, namun kemudian tegas menolaknya.

“Saya tanya kepada orang itu kenapa tidak mau ikut kelompok (teroris)?,” kata Tito. Orang itu menjawab, “Saya tanya ini itu tidak memuaskan,” jawabnya.

Selain itu Tito juga mengaku pernah bertanya pada kelompok teroris mengenai cara mereka merekrut anggotanya. Dan dari dialog itu terungkap bahwa tidak semua orang cocok dan bisa direkrut menjadi teroris.

Baca Juga:  Tangkal Terorisme, Facebook Perketat Pengawasan Konten Radikal

“Saya tanya yang rekrut juga begitu, dia (target masyarakat) cerewet sehingga (kelompok teroris) mencari yang lain,” ungkap Tito.

Tito menambahkan, orang yang terpapar oleh paham radikalisme tidak ada korelasinya dengan tingkat pendidikan dan pekerjaan yang bersangkutan, melainkan lebih pada faktor psikologi yang mudah dipengaruhi.

Misalnya seperti teroris dokter Azahari yang pendidikannya lulusan Inggris dan pemimpin Al-Qaeda Osama Bin Laden yang kaya raya dan hartanya melimpah.

“Ada mahasiswa dan sarjana, bisa low class sampai high class,” tukas Tito. (za/tr)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0