HomeDaerahPulau Jawa

Kasus Penistaan Pancasila Rizieq Shihab Kembali Diproses

Kasus Penistaan Pancasila Rizieq Shihab Kembali Diproses

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Kasus penistaan ideologi negara Pancasila dan pencemaran nama baik Bapak Proklamator Kemerdekaan RI Ir. Soekarno yang melibatkan pentolan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab sebagai tersangka kembali diproses.

Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) yang sebelumnya menangani kasus ini mengaku telah melengkapi berkas-berkasnya. Kini berkas-berkas tersebut dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat.

“Mudah-mudahan secepatnya bisa P21. Apabila sudah lengkap, kita melakukan tahap dua,” terang Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus, Rabu (10/5/2017).

Baca Juga:  Usut Chat Mesum, Polisi Terbitkan Surat Perintah Penangkapan Rizieq Shihab

Ia mengatakan bahwa berkas-berkas tersebut telah dikirimkan oleh penyidik Ditreskrimum Polda Jabar ke Kejati untuk kemudian menjadi bahan evaluasi Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Pihaknya pun sampai hari ini terus membangun komunikasi dan koordinasi. Bahkan Polda Jabar dan Kejati sendiri sudah menyelenggarakan gelar perkara secara bersama.

“Hasil sementara gelar perkara, kemungkinan berkas tersebut segera lengkap,” imbuhnya.

Adapun berkas-berkas tersebut, kini sudah ditangani oleh pihak Kejati Jabar. Tim jaksa sendiri sudah menganalisis untuk dijadikan bahan pengevaluasian ketika gelar perkara lanjutan diselenggarakan.

Baca Juga:  Terungkap! Sosok ‘Kak Ema’ Ternyata Benar Teman Dekat Firza

“Benar. Kami sudah menerima berkas perkara. Berkas yang dimaksud sedang dilakukan penelitian oleh tim jaksa,” tambah Kajati Jabar Setia Untung Arimuladi.

Dalam perkara penistaan Pancasila dan pencemaran nama baik Presiden Pertama RI Ir. Soekarno, Rizieq Shihab dikenakan Pasal 154a KUHP tentang Penodaan terhadap Lambang Negara dan Pasal 320 KUHP tentang Pencemaran terhadap Orang yang Sudah Meninggal. (ms/de)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: