HomeHankam

Kawal Long March GNPF MUI, Polisi Kerahkan 4.600 Personel

Kawal Long March GNPF MUI, Polisi Kerahkan 4.600 Personel

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Usai shalat jumat, sekitar pukul 13.00 WIB, massa aksi dari Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) mulai bergerak melakukan long march dari Masjid Istiglal menuju Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara.

Sebanyak 4.600 personel dari Kepolisian Resor (Polres) Jakarta Pusat dikerahkan untuk mengawal jalannya aksi long march yang akan melewati Jalan Pasar Baru, Pecenongan, hingga tiba di PN Jakut Jalan di jalan Gajah Mada.

Baca Juga:  Peta Politik Hak Angket di DPR

“Ada 4.600 personel dari Istiqlal sampai Pengadilan Jakut juga ada,” terang Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Suyudi Ario Seto, Jumat (28/4/17).

Untuk mengantisipasi kemacetan, Suyudi mengatakan telah melakukan sterilisasi sejumlah ruas jalan. “Kami melakukan sterilisasi di wilayah Istana Negara. Dari pintu Katedral terus arah Pecenongan, mengarah Hayam Wuruk nanti langsung masuk ke wilayah pengadilan,” pungkasnya.

Aksi GNPF MUI kali ini untuk mengawal perkara dugaan penistaan agama dengan terdakwa Gubernur DKI Jakata, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Baca Juga:  Benarkah Fadli Zon Siap Mundur dari DPR Jika Rizieq Shihab Dipenjara?

Salah satu coordinator aksi, Novel Bamukmin mengatakan, massa aksi akan menyuarakan tuntutan kepada majelis hakim untuk mengedepankan indepensinya dalam memberikan putusan terhadap Ahok. Selain itu, mereka juga mendesak majelis hakim menjatuhkan vonis berat terhadap tersangka.

“Mereka (Majelis Hakim) harus berani memvonis terdakwa yang Gubernur DKI Jakarta itu dengan hukuman maksimal 5 tahun penjara,” ungkap Novel. (DD)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: