HomeDaerahTangerang Raya

Kelebihan Permohonan PTSL 2017 di Tangsel Akan Segera Selesai Tahun Ini

Kelebihan Permohonan PTSL 2017 di Tangsel Akan Segera Selesai Tahun Ini

TANGSEL, SUARADEWAN.com — Banyaknya permohonan Pencatatan Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di tahun 2017 akan segera selesai pada tahun 2018 ini. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Wahyudi yang didampingi langsung Kepala Subseksi (Kasubsi) Pendaftaran Hak Tanah Aris Prasetiantoro, di Kantor BPN, di kawasan Kecamatan Serpong, pada Selasa 07 Agustus 2018.

Dikatakan Wahyudi, banyaknya permohonan di tahun lalu mengakibatkan kelebihan permohonan. Sehingga pengerjaan sertifikat melebihi waktu yang telah ditentukan dan akan segera selesai pada tahun 2018 ini.

“Kelebihan permohonan sertipikat yang akan dimasukan dan diakomodir pada tahun 2018 ini. Tidak ada yang namanya berkas hilang dan berkas itu tetap kita pertanggungjawabkan,” katanya.

Baca Juga:  Mudahkan Urusan Pertanahan, Kota Tangsel Luncurkan Aplikasi SERATON

Wahyudi kembali menerangkan, bahwa permohonan PTSL yang berlebih pada tahun 2017 lalu telah menjadi berkas yang diutamakan dengan posisi berkas diatas. Bahkan, sebagian berkas tahun lalu sudah diserahkan dan sisanya masih dalam proses pengerjaan.

“Karena waktu itu kita mulai dibulan Agustus, dan mendapat tambahan permohonan. Jadi banyak sekali berkas yang harus dikerjakan, sekarang tidak ada istilah berhenti mengerjakan. Misalnya dikasih 1500 bidang, ketika sudah selesai, pengerjaan stop itu tidak ada. Ketika ada kelurahan lain ada kekurangan, target bisa ditutup dengan di tempat lain yang melebihi target,” terangnya.

Ditempat yang sama, Kasubsi Pendaftaran Hak Tanah Aris Prasetiantoro, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Tim 5 PTSL Kecamatan Setu menjelaskan, bahwa pihaknya telah belajar dari pengalaman yang pernah terjadi. Menurutnya, banyak sertifikat yang harus diperbaiki dan check ulang, agar saat dibagikan tidak terjadi kesalahan, baik salah cetak maupun kesalahan lainnya.

Baca Juga:  Warga Tangerang Raya Apresiasi Program Pembagian Sertifikat Tanah Presiden RI

“Semua kelebihan permohonan sertipikat untuk program PTSL seperti di Kelurahan Keranggan telah dibagikan. Bahkan, kami masih membagikan sertifikat yang telah selesai pada minggu lalu, dan kemarin,” jelasnya.

Sementara untuk kendala dan hambatan saat menjalani program PTSL adalah kelengkapan data atau persyaratan yang dilakukan secara kolektif. Diketahui target PTSL Kota Tangsel pada tahun 2017 adalah 40.000 sertifikat dan 70.000 sertifikat pada tahun 2018 yang masih dalam tahap pengerjaan. (FN)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: