HomeInternasionalASEAN

Kepolisian Dunia Sepakat Lawan Terorisme dan Kejahatan Transnasional

Kepolisian Dunia Sepakat Lawan Terorisme dan Kejahatan Transnasional

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Acara Chiefs of Police Conference of South Asia and Neighbouring Countries yang berlangsung di Kota Dhaka, Bangladesh beberapa waktu lalu, setidaknya menghasilkan beberapa poin kesepakatan.

Poin-poin kesepakatan antar lembaga kepolisian dunia ini, secara tujuan, menekan upaya kejahatan transnasional dan aksi terorisme. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Wakapolri Komjen Pol Syafruddin sebagai delegasi Indonesia.

Seperti diketahui, acara yang dihadiri oleh 22 delegasi dari berbagai negara ini berfokus pada pembahasan masalah terorisme, pembatasan gerak ekstremisme, dan transnasional crime. Dan dalam pertemuan tersebut, diterangkan bahwa tantangan tersebut dapat diatasi secara efektif dengan kerja sama perbatasan di antara negara Asia Selatan dan negara-negara bertetangga lainnya.

Baca Juga:  Tudingan Terorisme Sebagai Pengalihan Isu Itu Salah Besar

Menurut Wakapolri, kebanyakan dari kejahatan serius ini membutuhkan tindak cepat, efektif, dan kerja sama profesional di antara lembaga-lembaga kepolisian di negara-negara bertetangga. Karena itu, lanjut Syafruddin, konferensi kepolisian ini menjadi momentum tepat dalam menemukan jalan untuk penguatan hubungan antara lembaga-lembaga penegak hukum dalam melawan kejahatan ekstrimisme dan kejahatan transnasional lainnya.

“Selain itu, peningkatan pertukaran informasi dan penanganan yang praktis adalah cara yang efektif di antara para penegak hukum dan mengembangkan metode bersama yang efektif saat dibutuhkan untuk melawan terorisme dan kejahatan transnasional,” ujar Wakapolri.

Di samping itu, terang Syafruddin kembali, dunia kini menghadapi permasalahan substansial yang sama, yakni terorisme dan kelompok radikal. Negara-negara regional dan organisasi terkemuka lainnya di dunia harus bekerja sama untuk mengembangkan strategi yang profesional dan efisien.

Baca Juga:  Jangan Kaitkan Aksi Teror dengan Sentimen Keagamaan

“Strategi pelaksanaan dan pendekatan yang terintegrasi harus segera diambil untuk membuat wilayah menjadi baik dan aman untuk hidup dan bekerja,” imbuhnya.

Chiefs of Police Conference of South Asia and Neighbouring Countries ini sendiri dihadiri oleh Sekjen Interpol bersama kolega-kolega lainnya, seperti FBI, ICITAP, dan Aseanapol.

Hadir pula Kepala Kepolisian dari Afganistan, Myanmar, Sri Lanka, termasuk delegasi senior dari Australia, Bhutan, Brunei Darussalam, China, Indonesia, India, Malaysia, Maladewa, Nepal, Korea Selatan, dan Vietnam. (ms)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: