HomeHankam

Kepolisian Siap Mengamankan Pilkada Putaran Kedua

Konferensi Pers Polda Metro Jaya

Konferensi Pers Polda Metro Jaya

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Dari berbagai rilis quick count lembaga survey menyatakan pasangan Ahok-Djarot dan Anies-Sandi akan melaju di Putaran Kedua. Polda Metro Jaya pun siap mengamankan proses tersebut, termasuk jika terjadi gugatan oleh pasangan calon ke Mahkamah Konstitusi.

“Pertama, tentunya sesuai hasil quick count ada dua pasangan akan maju ke putaran kedua. Tentunya kami tetap akan mengamankan seperti sekarang, yang jelas nanti kami lihat situasi,” ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan saat jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (15/2/2017).

Kapolda juga menyampaikan, ketiadaan penambahan personel dalam pengamanan putaran kedua tersebut. Namun, jika terjadi peningkatan eskalasi, pihaknya telah menyiapkan personel cadangan yang cukup banyak stand by untuk memberikan pengamanan penuh.

“Pengamanan tetap jumlahnya, kalau memang nanti dirasakan ada hal meningkat eskalasi akan kami tambahkan. Karena dari pihak Polda pun yang stand by cukup banyak,” ungkapnya.

Dalam hal jika terjadi gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) Kapolda Iriawan juga menyampaikan pihaknya akan semaksimal mungkin melakukan pengamanan apabila ada pasangan calon yang mengajukan gugatan.

“Apabila tidak ada (gugatan) maka April tanggal 19 itu selesai, kalau ada gugatan maka bulan Juni ada putaran kedua,” imbuh Iriawan.

“Ada ataupun tidak ada gugatan kami siapkan jalannya putaran kedua, Jika terjadi gugatan maka Pengamanan MK tentu kami siapkan pengamanannya di sana dan kami sering melakukan pengamanan di sana karena sering gugatan di sana. Tentunya akan laksanakan maksimal seperti gugatan sebelumnya, seperti masalah gugatan Pilkada, gubernur, maupun Pilpres,” tutupnya. (SD)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0