Ketidaksiapan Parpol Verifikasi Faktual Bisa Menjadi Masalah

SUARADEWAN.com – Ketidaksiapan partai politik untuk mengikuti verifikasi faktual banyak terjadi.

Hal tersebut ditengarai dengan kejadian partai politik baru membagikan kartu tanda anggota (KTA) hanya satu hari sebelum atau bahkan saat pelaksanaan verifikasi faktual.

Padahal seharusnya keanggotaan partai politik itu sudah jadi dan siap diperiksa sebelum partai mendaftar ke KPU sebagai calon peserta Pemilu 2024.

Tahap verifikasi faktual ini diadakan tanggal 15 Oktober hingga 4 November 2022. Dan disediakan waktu bila ada perbaikan dari tanggal 24 November hingga 7 Desember.

Koordiantor Divisi Penvegahan, Partisipiasi Masyarakat, dan HUmas Bawaslu RI, Lolly Suhenty mengatakan,”Bawaslu juga menemukan 24 kasus pembagian KTA partai pada H-1 dan pada saat pelaksanaan verifikasi faktual.”

Ketidaksiapan partai politik yang demikianlah yang menimbulkan masalah. Sehingga data keanggotaan atau kepengurusan mereka bisa saja jadi tidak memenuhi syarat saat dilakukan verifikasi faktual.

Pembagian KTA yang mendadak dan tidak pada waktunya ini juga dinilai berkaitan erat dengan pencatutan identitas warga untuk didaftarkan sebagai anggota semu. Ini dilakukan demi memenuhi jumlah anggota ynag disyaratkan UU Pemilu.

Terkait hal tersebut, Bawaslu menemukan 20.565 data masyarakat yang dicatut ke dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).Di antaranya, 15.824 nama atau lebih dari 75 persen di antaranya masuk sebagai sampel untuk diverifikasi faktual oleh KPU. Dari jumlah tesebut, 3.198 identitas memenuhi syarat sebagai anggota parpol yang bersangkutan.

Bawaslu juga mencatat adanya pengurus RT/RW yang merangkap sebagai pengurus dan anggota partai politik.

“Terhadap temuan tersebut, jajaran pengawas pemilu langsung menyampaikan saran perbaikan agar status yang bersangkutan (aparat merangkap kader partai) untuk di-TMS kan, sehingga langsung di TMS-kan oleh verifikator KPU,” ujar Lolly. (Adapun TMS adalah singkatan dari Tidak Memenuhi Syarat).***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90