Sosmed  

Ketika Ki Ganjar Jadi Dalang di Perayaan Hari Wayang se Dunia: Untuk Apa terus Bertikai?

Ganjar Pranowo mendadak jadi Dalang, namanya pun berubah menjadi Ki Ganjar dalam peringatan hari Wayang se Dunia

SUARADEWAN.com – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tampil pesona ketika menjadi dalang Wayang Kulit dalam sebuah acara yang meriah.

Dalam hari Perayaan Memperingati Hari Wayang se Dunia ke 8 itu, Ganjar Pranowo menyampaikan pesan-pesan bijak dengan penuh makna.

Seperti apa kata-kata bijak tersebut :

Kelana : “Panji telah lama aku terpesno dengan keindahan nusantara, kekayaan alam dan masyarakat. Biar aku pinta, serahkan padaku,”.

Panji : “Kelana, untuk apa kita terus-menerus bertikai, untuk apa kita terus menerus untuk berperan, bukankah peperangan yang paling berat adalah mengalahkan diri sendiri,”

Baca Juga:  Benarkah Ahokers Hack Situs Polda Riau?

Panji : “Kelana, lebih baik kita bersatu, menyatukan perbedaan untuk membangun peradaban yang lebih baik,”

Kelana : “Hoah, hahha. Baiklah jika demikian, untuk merayakan hari wayang sedunia yang ke 8 ini mari kita bersatu menyebar perdamaian untuk menciptakan dunia yang kondusif, stabil dan penuh kasih sayang,”

Kelana: “Dengan ini aku deklarasikan melalui wayang kita bersatu, melalui wayang kita mencintai keberagaman,”

Melalui akun instagramnya @ganjar_pranowo, orang no 1 di Jawa Tengah tersebut menyampaikan :

“Ketika Gunungan sudah ditancapkan, hal-hal baik, hal-hal buruk tidak bisa kita hindarkan. Wayang jadi penggambaran kehidupan dengan segala macam karakternya. Inilah salah satu mahakarya yang lahir di bumi Indonesia yang telah menjadi warisan dunia.

Baca Juga:  Kendeng Berduka: Satu Kartini Kendeng Gugur dalam Perjuangan

Sampai saat ini telah 18 budaya Indonesia yang diakui Unesco. Mulai dari wayang, keris, angklung, tari Bali, tari saman, noken, keris, batik sampai Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto. Itulah kekayaan yang telah diwariskan leluhur pada kita.

Lantas, jika dunia sudah memberi pengakuan, apakah kita akan tinggal diam dan membiarkan begitu saja? Kita tidak punya pilihan lain, selain mengoptimalkan seluruh warisan itu agar jadi stimulan kemakmuran,” (***)

Tinggalkan Balasan

banner 728x90