HomeDPR RI

Ketua Pansus DPR Target RUU Pemilu Kelar Kamis Pekan Depan

Ketua Pansus DPR Target RUU Pemilu Kelar Kamis Pekan Depan

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Ketua Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilu Lukman Edy dalam sebuah diskusi mengatakan bahwa pembahasan RUU Pemilu dalam level Pansus ditargetkan akan selesai pada Kamis, 8 Juni 2017 pekan depan.

“Kita Pansus siap hari Kamis untuk pleno akhir penyerahan hasil dari Panja (Panitia Kerja) ke Pansus,” kata Lukman dalam acara diskusi di Gado-Gado Boplo, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (3/6/2017).

Saat ini, lanjutnya, Pansus fokus pada pengambilan keputusan terhadap lima hal krusial yang akan digelar dalam pleno akhir nanti bersama dengan para petinggi partai politik. Hal ini sebelumnya menjadi perdebatan dan belum memperoleh keputusan.

Baca Juga:  DPR Kunker ke Luar Negeri Lagi, Kali Ini ke Jerman dan Meksiko

Lima hal tersebut, di antaranya adalah ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold), ambang batas parlemen (parliamentary threshold), alokasi kursi per dapil, metode konversi suara, dan sistem pemilu.

“Ini sudah selesai semua, Panja selesai, tim perumus sudah, bahkan tadi malam kami berhasil menyelesaikan sinkronisasi pasal 1 dengan pasal lain sehingga tidak terjadi perbedaan kata frasa, perbedaan substansi, itu berhasil kita sinkronkan. Hari Senin sampai Rabu dirapikan kembali pasal demi pasal supaya menjadi bersih, tidak ada lagi pertanyaan-pertanyaan,” jelasnya.

Baca Juga:  Ketua Umum Parpol Penentu Keputusan Pengesahan RUU Penyelenggaraan Pemilu

Sementara itu, anggota Pansus RUU Pemilu Achmad Baidowi mengatakan bahwa hal ini sedikit rumit karena melibatkan para petinggi partai. Pleno akhir yang membahas lima hal krusial tersebut jelas diwarnai lobi-lobi politik.

Kendati demikian, hal ini menurutnya merupakan sesuatu yang lumrah.

“Tidak tertutup kemungkinan penyelesaian juga melibatkan lobi-lobi dan itu lumrah dalam pembahasan RUU Pemilu melibatkan partai politik,” imbuhnya. (ms/te/de)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: