KH. Ma’ruf Amin Dorong Layanan Kesehatan ke Arah Digital

SUARADEWAN.com – Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin menghadiri webinar internasional yang digelar oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Sabtu (10/12/22).

Dalam acara tersebut, Ma’ruf mendorong platform layanan kesehatan Kementerian Kesehatan agar dapat menciptakan ekosistem kesehatan yang berbasis digital.

“Pada kesempatan tersebut,saya mendorong agar platform layanan kesehatan Kementerian Kesehatan SatuSehat dapat mewujudkan ekosistem kesehatan digital di Indonesia. Keunggulan SatuSehat yang mencakup aspek pelayanan preventif, promotif, kuratif, dan rehabilitatif,” tulis Ma’ruf di facebook pribadinya.

Layanan kesehatan perlu bertranformasi ke arah digital, kata Ma’ruf, karena hal itu akan memberikan kemudahan bagi masyarakat dan memiliki dampak positif terhadap ekonomi kesehatan.

“Transformasi digital kesehatan yang mampu menciptakan kemudahan bagi masyarakat, sekaligus memiliki dampak positif terhadap ekonomi kesehatan di Indonesia, mesti terus kita kembangkan,” ujarnya.

Dalam membangun ekosistem kesehatan berbasis digital, papar Ma’ruf, masih banyak tantangan, seperti soal regulasi, sumber daya manusia dan lain-lain.

“Meskipun demikian, masih terdapat berbagai tantangan dalam membangun ekosistem kesehatan digital, di antaranya, regulasi, sumber daya manusia, teknologi, infrastruktur kesehatan, dan perlindungan keamanan data dan kepemimpinan digital juga amat penting dalam merumuskan kebijakan dan menginisiasi inovasi digital, serta mengoordinasikan kolaborasi dan kerja sama antarpelaku di sektor kesehatan,” papar Ma’ruf.

Harapan Ma’ruf, seminar yang diadakan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) tersebut dapat menyerap berbagai masukan terkait pentingnya transformasi sistem kesehatan ke arah digital.

“Saya berharap dalam seminar ini dapat dihasilkan berbagai masukan yang berharga bagi upaya mempercepat pelaksanaan transformasi sistem kesehatan di tanah air, khususnya yang berbasis digital, dalam rangka menciptakan kemudahan dan keekonomian bagi seluruh rakyat Indonesia,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90