oleh

Kisah Parma, Terperosok ke Serie D dan Kembali ke Serie A

ROMA, SUARADEWAN.com — Dua kali juara Piala UEFA, Parma, akan kembali ke kompetisi Serie A Italia musim depan setelah menang 2-0 di Spezia dalam laga terakhir di Serie B pada Jumat (18/5) waktu setempat. Parma sekaligus meraih promosi ketiga secara berturut-turut.

Klub yang pernah memenangi Cup Winners’ Cup Eropa dan tiga Coppa Italia selama kejayaan di era 1990-an dan awal 2000-an, itu pernah terpuruk merosot ke Serie D setelah bangkrut pada 2015 silam. Namun klub itu tanpa kesulitan promosi dari Serie D pada 2015/2016 dan memenangi promosi play-off Serie C setahun kemudian, untuk kemudian loncat ke Serie B.

Kemenangan atas Spezia Lewat gol Fabio Ceravolo dan Amato Ciciretti, dan hasil seri Frosinone’s 2-2 melawan Foggia, memastikan tim itu berada di posisi kedua di Serie B di belakang Empoli. Parma pun akan kembali tampil ke kompetisi divisi utama.

Baca Juga:  Inter Milan Tampil Ganas dan Bantai AC Milan di Derby Della Madonina

“Saya berjanji, saya katakan saya akan membawa Parma kembali ke Serie A, dan saya menepati janji saya,” kata kapten klub Alessandro Lucarelli, Sabtu (19/5).

Pemain 40 tahun yang sudah di Parma sejak 2008 silam ini mengatakan, bukan hal mudah baginya menjalani tiga musim terakhirnya di klub berjuluk I Gialloblu (kuning-biru) itu. Ketika terjadi eksodus pemain besar-besaran, Lucarelli mengambil keputusan berani untuk bertahan di Parma.

“Saya membuat keputusan bukan dengan hati, tapi dengan kepala saya. Karena saya tahu saya harus ada di kota ini. Semuanya benar-benar indah dalam dua tahun terakhir, setidaknya kami sudah dekat dengan tujuan kami, Serie A,” kata Lucarelli, dikutip dari Football Italia, Ahad (18/6).

Eks pemain Fiorentina ini mengatakan, Parma sudah kenyang dengan hujatan yang mengarah kepada mereka dalam beberapa tahun terakhir. Tapi menurutnya, ia dan rekan-rekan di Parma sudah membungkam semua cacian yang sebelumnya deras menghujam.

Baca Juga:  Kisah Derby Wanda, Derby Yang Pernah Tensi Tinggi di Sepakbola Italia

“Saya sempat berkata bahwa kami akan membawa klub ini untuk kembali ke Serie B dan kemudian mengejar promosi Serie A. Sekarang kami di sini bersama keajaiban,” kata dia.

2015 – Relegated to Serie D

2016 – Promoted to Serie C

2017 – Promoted to Serie B

2018 – Promoted to Serie A (par)

Komentar

Berita Lainnya