HomeDPD RI

Komisi XI DPR Sindir BUMN ‘Parasit’ Tak Hasilkan Pemasukan Negara

Komisi XI DPR Sindir BUMN ‘Parasit’ Tak Hasilkan Pemasukan Negara

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Politisi partai Nasdem, Donny Imam Priambodo menyampaikan langkah-langkah yang harus ditempuh pemerintah untuk memaksimalkan pendapatan di sektor pajak.

Menurutnya, banyak yang harus dibenahi oleh rezim Joko Widodo (Jokowi), mulai dari pembenahan transaksi keuangan, ekspor, daya beli, hingga peningkatan daya beli masyarakat.

“Kalau sekarang kan pemerintah sudah tahu ekonomi turun, tapi rakyat terus yang dikejar. Ini semakin memberatkan,” kata Donny saat dihubungi, Jumat (23/6).

Baca Juga:  Erick Thohir Jadi The Most Influential Minister 2020

Revitalisasi BUMN, dikatakan Donny menjadi salah satu langkah paling efektif guna menggenjot sektor pajak.

Anggota Komisi XI DPR ini menjelaskan, bahwa saat ini aset BUMN berada dikisaran Rp 6000 triliun. Namun hanya menyumbang kurang dari Rp 50 triliun tiap tahunnya.

“Itu nggak ada 10 persennya. Bahkan nggak ada 1 persen malah. Nah darisitu dari 100 lebih BUMN yang menyumbang total pendapatan hanya 10 sampai 11 BUMN, yang lain apa dan kenapa, parasit?,” ujarnya.

Baca Juga:  Ahok Usul Superholding, Tanri Abeng: Butuh 3-5 Tahun, Tidak Bisa Sulap-sulapan

“Ini harus dipikirkan supaya utang negara tidak semakin naik. Betul utang naik PDB meningkat rationya juga membaik, tapi kan ratio itu harusnya turunkan utang sampai surplus,” pungkasnya. (yp)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: