HomeInternasionalTimur Tengah

Komnas HAM Qatar Akan Gugat 3 Negara Arab

Komnas HAM Qatar Akan Gugat 3 Negara Arab

QATAR, SUARADEWAN.com – Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Qatar Ali bin Smaikh Al-Marri menegaskan akan menggugat 3 (tiga) negara Arab menyusul tindakan pemutusan hubungan diplomatiknya dengan Qatar. 3 negara Arab tersebut, yakni Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Bahrain.

Dalam rangka itu, Komnas HAM Qatar akan menyewa pengacara kondang dari Swiss guna meminta konpensasi akitab dampak dari pemutusan hubungan diplomatik tersebut.

“Kami akan berkoordinasi untuk memulai langkah hukum. Ketiga negara itu bertanggung jawab memberikan kompensasi kepada orang-orang yang terkena imbas atas pemutusan hubungan tersebut,” kata Marri dalam konferensi persnya.

Baca Juga:  Dinilai Berhasil, PBB Adopsi Resolusi Arab Saudi Tangani Covid-19

Nantinya, lanjut Marri, sejumlah kasus juga akan diajukan ke pengadilan di tiga negara bersangkutan, dan di beberapa pengadilan yang memang memiliki yurisdiksi internasional, seperti Eropa.

Meski demikian, pihaknya belum mau mengungkapkan siapa firma hukum yang akan digandeng dalam gugatan Komnas Ham Qatar ke 3 negara Arab ini.

“Terkait dengan hal itu, nanti akan ada pernyataan resmi yang akan dirilis dalam waktu dekat,” imbuhnya.

Ia hanya menjelaskan bahwa ada banyak orang kaya Qatar yang memiliki properti berupa vila di Arab Saudi. Mereka inilah, terang Marri, termasuk yang terkena dampak pemutusan hubungan diplomatik dengan Qatar.

Baca Juga:  Resmi, Hukuman Cambuk Ditiadakan di Kerajaan Arab Saudi

Selain ribu, ribuan warga lainnya juga ikut terseret. Karena, misalnya, orangtua mereka terpaksa ditarik dari Qatar. Dan ini merupakan krisis yang paling buruk dalam beberapa tahun terakhir.

Ketegangan pun kian hari kian memburuk. Tanda-tanda mereda sama sekali tak nampak. Apalagi, pekan lalu, Arab Saudi kembali menetapkan 13 tuntutan terhadap Qatar, salah satunya terkait pemutusan hubungan dengan kelompok teroris, dan mendesak untuk bertemu pada 3 Juli 2017 mendatang. (ms)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: