KontraS akan Diskusi Publik Siang Ini

SUARADEWAN.com – Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS) bermaksud menyelenggarakan diskusi publik pada hari ini, Jumat, 18 November 2022 dalam Live Streaming melalui YouTube KontraS.

Acara akan diadakan pukul 14.00 WIB. Tema diskusi publik KontraS kali ini adalah “Dari Food Estate hingga Kereta Cepat: Sejauh Mana PSN Berdampak Pada Pemenuhan Hak Rakyat?”

Baca Juga:  Pesan Lokataru di Hari Kebangkitan Nasional: Jangan Biarkan Penjahat Berkuasa

Hal ini dilatari oleh program pemerintah Presiden Joko Widodo yang terus menggenjot pembangunan meski pandemi belum lama berlalu. Percepatan tersebut juga tertuang dalam Peraturan Presiden No. 109 Tahun 2022 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Salah satu proyek ambisius pemerintah dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) adalah Food Estate.

Kementerian Pertanian menerangkan bila proyek ini dapat menciptakan ketahanan pangan selama bertahun-tahun ke depan. Kementerian Pertanian juga mengklaim bahwa beberapa lokasi food estate telah berjalan baik.

Baca Juga:  Soal Food Estate, Greenpeace: Uang Kita Terbuang Sia-sia untuk Proyek Gagal

Di sisi lain, Food Estate menuai kritik karena tidak adanya program jangka panjang dan menyisakan persoalan alih fungsi lahan. Berbagai regulasi dibuat hanya untuk melancarkan PSN tanpa memedulikan dampak HAM dan lingkungan. ***

 

Tinggalkan Balasan

banner 728x90