Kotak Suara 2024 Pakai Kardus Lagi? Yuk Cek Spesifikasinya!

SUARADEWAN.com – Kotak suara dan bilik suara yang akan digunakan pada pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 akan kembali menggunakan kardus. Hal tersebut konon disebabkan alasan efisiensi biaya.

Namun demikian, guna memberi kepercayaan publik, Anggota KPU RI yang mengepalai Divisi Perencanaan, Keuangan, Umum, Rumah Tangga dan Logistik, Yulianto Sudrajad menjelaskan, pihaknya telah mengkaji dalam menetapkan bahan baku pembuatan kotak dan bilik suara untuk Pemilu Serentak 2024.
Dari hasil kajian itu, ada alasan mengapa hal itu ditetapkan KPU RI.

“Kami mempertimbangkan menempuh kebijakan kotak suara yang akan dipergunakan untuk penyelenggaraan Pemilu 2024 berbahan karton,” ungkap Yulianto Sudrajad saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (28/12).

Ia memaparkan, bahwa bahan Kardus yang akan dijadikan bahan baku pembuatan dua logistik pemilu tersebut bukan karton biasa, melainkan karton yang memiliki kekuatan dan daya tahan yang cukup kuat.

“(Bahan kartonnya) dupleks, kedap air seperti (yang digunakan) di Pemilu 2019,” urainya.

Selain itu, menurut Drajad memastikan ada perbedaan kualitas antara kotak dan bilik suara yang akan dibikin untuk pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 dengan yang digunakan pada Pemilu Serentak 2019. Bahannya akan diperkuat.

“Namun dari spesifikasi barangnya besok akan kami perkuat, sehingga lebih kokoh dan tidak mudah rusak,” jelas mantan Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah ini.

Soal efisiensi, sebenarnya bukan hanya biaya untuk produksi yang dibutuhkan, melainkan jugabiaya untuk penggudangan sebagai tempat penyimpanan.
“Hal tersebut karena pertimbangan efisiensi anggaran dan keterbatasan tempat gudang penyimpanan,” ujar Yulianto saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (29/12). [***]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90