HomeHukum dan HAM

KPK Bentuk Timsus Tangani Korupsi Perusahaan

KPK Bentuk Timsus Tangani Korupsi Perusahaan

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah membentuk tim khusus untuk menangani kasus korupsi yang berkaitan dengan perusahaan (korporasi).

Dasar pembentukan tim khusus ini adalah Peraturan Mahkamah Agung (Perma) Nomor 13/2016 tentang Tata Cara Penanganan Tindak Pidana oleh Korporasi.

“Kami di KPK membentuk tim khusus untuk penyelidikan kasus-kasus yang berhubungan dengan tanggung jawab pidana korporasi,” kata Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif, Sabtu (22/7).

Saat ini tim khusus sudah berhasil menjerat satu korporasi yang diduga melakukan korupsi yakni PT Duta Graha Indah (DGIK) yang sudah berubah nama menjadi PT Nusa Konstruksi Enjiniring.

Baca Juga:  Ade Komarudin Bantah Terima Uang Korupsi e-KTP

PT DGIK sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi proyek pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Khusus Penyakit Infeksi dan Pariwisata Universitas Udayana Tahun Anggaran 2009-2010 yang melibatkan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno sebagai saksi.

Perusahaan tersebut disangka melanggar Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Baca Juga:  Ini Peran Andi Narogong dalam Korupsi e-KTP

Selain mengusut PT DGIK, tim khusus KPK itu saat ini juga membidik sejumlah korporasi lain yang diduga melakukan tindak pidana korupsi yang diantaranya terkait korupsi proyek e-KTP.

“Tim khusus ini bertugas melakukan penyelidikan kasus-kasus yang berhubungan dengan tanggung jawab pidana korporasi,” tukas Laode. (za)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: