KTT 2022 Hasilkan ‘G20 Bali Leaders Declaration’

SUARADEWAN.com – Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa KTT G20 2022 di Bali berhasil membuahkan kesepakatan. G20 Bali Leaders Declaration adalah nama kesepakatan tersebut. Deklarasi tersebut adalah buah dari upaya berbagai diskusi tingkat dunia yang dipersiapkan sejak Februari 2022.

“Sebagai Presidensi G20, Indonesia telah mengupayakan berbagai solusi terbaik selama satu tahun kepemimpinan. Alhamdulillah hari ini kita dapat mengadopsi dan mengesahkan G20 Bali Leaders Declaration,” ucap Presiden Joko Widodo saat menutup  KTT G20 di Hotel Apurva Kempinski, Bali, pada hari Rabu tanggal 16 November 2022.

Baca Juga:  Buka Kembali Biara Sumela, Erdogan dan Turki Kembali Ajari Barat Soal Toleransi

Uniknya, deklarasi tersebut tidak dibacakan secara langsung oleh para pemimpin dunia yang hadir di sana. Namun salinan lembar deskripsi sudah disampaikan secara resmi melalui rilis Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Selain deklarasi, Presidensi G20 Indonesia juga berhasil menyusun daftar proyek kerja sama negara anggota G20 dan undangan. Daftar proyek ini bernama ‘concrete deliverable‘.

Baca Juga:  72 Politisi Demokrat AS Minta Joe Biden tak Dukung Israel

“Proyek kerja sama inilah yang akan membantu membumikan kerja G20 lebih dekat dengan rakyat, memastikan G20 bermanfaat, tidak saja untuk anggotanya, namun juga bagi dunia dan utamanya negara-negara berkembang,” katanya. ***

Tinggalkan Balasan

banner 728x90