KTT G20 Juga Hasilkan Komitmen Bidang Pendidikan

SUARADEWAN.com – KTT G20 Bali yang telah diselenggarakan 15-16 November 2022 lalu juga menghasilkan goal setting dalam bidang pendidikan. Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, berhasil memanfaatkan momentum pertemuan internasional tersebut.

Di pertemuan KTT G20, Ridwan Kamil berhasil menarik minat dua universitas skala dunia untuk berinvestasi di Bandung, Jawa Barat. Kedua universitas tersebut adalah Lancaster University dari Inggris, dan Deakin University dari Australia.

Dalam KTT G20 disebutkan bahwa kedua universitas tersebut membuat komitmen bersama Ridwan Kamil untuk membangun joint university di Kota Bandung, Jawa Barat, pada tahun 2023 nanti.

Baca Juga:  Demiz-Saikhu Resmi Berpasangan, Pengamat: Gerindra Pandai Membaca Situasi

“Terwujudnya kerja sama pembangunan universitas global ini setelah terbitnya Undang-Undang Cipta Kerja. Sebelum terbit UU tersebut, belum bisa diwujudkan,” ungkap Ridwan Kamil tegas.

Ridwan Kamil menjelaskan bahwa untuk menjadi negara adidaya di tahun 2045, bangsa Indonesia harus membentuk SDM yang menguasai semua bidang. Untuk itu kerja sama dengan kedua universitas internasional tersebut sangat diperlukan.

Baca Juga:  Maju Pilkada DKI 2017, Ridwan Kamil Meminta Pandangan pada Nitizennya di Sosmed

Gubernur Jawa Barat tersebut juga menjelaskan bahwa saat ini MoU sudah ditandatangani, dan pihaknya sedang mengajukan perizinan untuk mendirikan universitas ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Pencarian lokasi baru akan dilaksanakan setelah izin tersebut diperoleh.

Beliau juga meyakinkan bahwa pembangunan kampus kerja sama tersebut akan terwujud dalam lima tahu ke depan. ***

Tinggalkan Balasan

banner 728x90