Kunjungi Terowongan Gajah di Tol Pekanbaru-Dumai, Jokowi: Pembangunan Harus Perhatikan Kelestarian Lingkungan

SUARADEWAN.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung sekaligus meninjau perlintasan gajah di KM 12 ruas tol Pekanbaru-Dumai.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi juga mengingatkan soal pentingnya pembangunan dengan memperhatikan kelestarian lingkungan dan menjamin keberlangsungan hidup satwa liar.

Sebelum Terowongan Gajah dibuat, habitat gajah terganggu oleh tol Pekanbaru-Dumai itu. Karena terbelah antara dua kota. Oleh karenanya, perlintasan gajah dibuat oleh pemerintah.

“Gajah-gajah terlihat berjalan di bawah ruas tol Pekanbaru-Dumai pagi ini. Tepat di titik KM 12 jalan tol ada terowongan yang memang dibuat untuk perlintasan gajah. Ada enam perlintasan seperti ini di ruas tol Pekanbaru-Dumai,” ujar Jokowi di instagram, Kamis (05/01/23).

“Terowongan gajah dibangun sebagai langkah adaptasi karena jalan tol Pekanbaru-Dumai membelah habitat gajah di dua kota dan dua kabupaten. Populasi gajah Sumatra yang dilindungi di kawasan ini sebanyak 76 ekor,” sambungnya.

Jokowi berpesan agar pembangunan infrastruktur tidak mencederai aspek lingkungan.

“Pembangunan infrastruktur di Tanah Air harus tetap memperhatikan kelestarian lingkungan dan menjamin keberlangsungan hidup satwa liar,” pesannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90