HomeSosial Budaya

Larang Umat Islam Ikut Aksi 212, Ketua MUI: Itu Demo Politis

Larang Umat Islam Ikut Aksi 212, Ketua MUI: Itu Demo Politis

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Ma’ruf Amin menghimbau kepada seluruh umat Islam untuk tidak turun Aksi 212 Jilid II. Pasalnya, ia menilai bahwa aksi yang dikomandoi oleh Forum Umat Islam (FUI) tersebut sangat sarat akan nuansa politis.

“Saya berungkali menyampaikan hal ini, bahwa saya tidak pernah dilibatkan dan melibatkan diri ikut demo 212. Karena demo itu sangat politis,” tegas Mah’ruf Amin dalam pertemuan tokoh NU se-Madura di Sampang, Madura, Jawa Timur, Senin (20/2/2017).

Ma’ruf Amin yang juga selaku Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini mengaku telah menyampaikan larangan ikut aksi bagi umat Islam tersebut di depan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Tanggapi Aksi 313

“Itu juga sudah saya sampaikan kepada Kapolri (Tito Karnavian) dalam pertemuan di Pondok Pesantren Tanara (Banten) beberapa waktu lalu. Saya akan melarang umat Islam ikut demo yang bernuansa politis,” lanjut cicit Syekh Nawawi al-Bantani ini.

Di aksi-aksi serupa sebelumnya, Ma’ruf Amin juga terang menghimbau untuk tidak diikuti oleh umat Islam. Meski ada fatwa MUI yang kemudian dikawal dalam aksi tersebut, tetapi bagi Rais Aam PBNU ini, fatwa MUI soal kasus Ahok yang diduga menistakan agama bukanlah hukum positif yang boleh untuk dipaksakan.

Baca Juga:  MUI: Pelaku Teror Bom Patut Diduga Sebagai Orang Tak Beragama dan Tak Berprikemanusiaan

Terkait soal adanya dugaan hubungan antara fatwa MUI dengan Pilkada DKI, baginya, tak ada hubungannya. Karena itu, soal Pilkada di mana Ahok ikut serta sebagai kandidat, Ma’ruf Amin mengambil sikap untuk tidak ikut campur.

“Ahok menang atau kalah saya tidak tahu. Itu masih di Lauhul Mahfudz. Kalah kalah ya nggak ada masalah. Andaikata dia menang ya nggak ada masalah juga,” tuturnya kembali. (ms)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0