HomeLifestyle

Lebaran dan Liburan

Lebaran dan Liburan

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Lebaran sudah di ambang pintu. Saat ini, sebagian besar pemudik sudah tiba di kampung halaman. Keletihan di perjalanan terbayar lunas dengan berkumpul bersama sanak famili, bersiap menyambut hari kemenangan.

Mudik menjadi fenomena tahunan. Meski terjebak kemacetan yang bisa mencapai berkilometer-kilometer, pemudik tetap bergeming. Hasrat untuk bertemu keluarga mampu mengalahkan keletihan dan frustasi menghadapi kemacetan. Meski demikian, strategi mudik tetap harus disiapkan.

“Saya terus memantau kondisi jalur mudik. Kalau bisa, bertanya pada teman-teman yang sedang berada di jalan”, ujar Permana (37) yang bermaksud mudik ke Yogyakarta. Ia terus memantau informasi dari berbagai sumber, mulai dari siaran televisi, twitter, hingga bertanya pada teman-teman di berbagai group Whatsapp.

Baca Juga:  Antisipasi Ancaman Teror di Hari Lebaran, Polri Siagakan Personel Keamanan

Pertanyaannya berkisar, bagaimana kondisi terkini lalu lintas setempat, kondisi jalan, bagaimana kondisi terkini lalu lintas setempat, kondisi jalan, rute alternatif, serta tempat-tempat penting semisal SPBU dan rumah makan.

Ketika mendengar bahwa rute yang akan dilalui cenderung padat, ia hanya menghela napas, “Mau bagaimana lagi, ya harus dilewati,” ujarnya.

Baca Juga:  Anies Baswedan: Warga yang Mudik Bakal Susah Balik ke Jakarta

Dari tahun ke tahun, jumlah pemudik terus meningkat. Pada tahun ini, Kementerian Perhubungan memprediksi akan ada peningkatan jumlah pemudik sekitar 5 persen dibandingkan tahun lalu, sehingga menjadi sekitar 19 juta pemudik. Meski Pemerintah telah berusaha menggenjot pembangunan infrastruktur, kepadatan seringkali tak dapat dihindari mengingat masifnya pemudik yang bergerak pada saat bersamaan. (ML)

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: