HomeDaerahTangerang Raya

LHKPN Capai 80 Persen, Airin Rachmi Diany Dapat Pujian

LHKPN Capai 80 Persen, Airin Rachmi Diany Dapat Pujian

TANGSEL, SUARADEWAN.com – Direktur Pendaftaran dan Pemeriksaan Laporan Hasil Kekayaan Pejabat Negara (PP LHKPN) Lembaga KPK Cahya Hardianto Harefa, apresiasi kinerja Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany, usai melakukan sosialisasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara secara Elektronik (E-LHKPN).

“Kami sangat berterimakasih kepada ibu Walikota, sudah memfasilitasi kami terkait LHKPN ini, sehingga bisa berjalan dengan baik di Tangsel,” Kata Cahya di Lantai 4 Gedung Balai Kota Tangsel, Jalan Maruga, Kelurahan Serua, Kecamatan Ciputat, pada Kamis (19/10).

Menurut Cahya, LHKPN di Tangsel sudah mencapai 80 persen, artinya cukup baik dibandingkan dengan daerah-daerah lain. Sehingga semua yang sudah berjalan dengan baik, perlu didorong lagi agar mencapai angka 100 persen, terlebih saat ini sudah menggunakan sistem elektronik, sehingga proses pelaporannya bisa dengan mudah dilakukan.

“Tangsel sudah mencapai 80 persen LHKPNnya, ini kita dorong terus karena kita ingin mencapai 100 persen. Tadi kita juga mengingatkan kembali dan mengajarkan bagaimana cara-cara melaporkannya dengan baik dan benar, supaya nanti laporan per 31 Desember 2017 ini bisa segera diselesaikan,” tuturnya.

Baca Juga:  Terus Berbenah, Kecamatan Serpong Utara Launching Program Siantar

Program ini juga, Cahya menambahkan, dapat membantu memudahkan Walikota Tangsel untuk memastikan semua aparatur pemerintahan dalam hal tata kelola yang baik, supaya Walikota juga dapat menjalankan roda pemerintahan dengan baik. Tentunya dalam memahami aturan-aturan yang sudah berlaku, termasuk laporan LHKPN.

Direktur Pendaftaran dan Pemeriksaan Laporan Hasil Kekayaan Pejabat Negara (PP LHKPN) Lembaga KPK Cahya Hardianto Harefa

“Melapornya juga harus benar, artinya dengan mencari harta yang benar, tidak korupsi. Masyarakat termasuk awak media membantu mengawasi. Kalau semua nanti melapor dan patuh dengan aturannya, akhirnya orang-orang juga memiliki harta kekayaan yang baik dan bersih. Ini juga bisa diakses oleh publik dengan masuk ke website ke https://acch.kpk.go.id,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengungkapkan, dari 80 persen akan terus didorong. Terlebih saat ini ada penambahan objek yang wajib dalam LHKPN.

Baca Juga:  Sabet WTP 6 Kali, Walikota Airin Terima Penghargaan dari Kementerian Keuangan RI

“Kalau dulu kan kita hanya eselon dua, sama ada beberapa ketentuan, nah sekarang ditambah lagi. Mudah-mudahan dengan E-LHKPN ini memudahkan, dengan sistim dengan tehknologi kita, aparatur sipil negara, dan para pejabat di Tangsel bisa cepat melaporkan harta kekayaannya,” ungkapnya.

Seperti diketahui, menurut Perwal Nomer 43 Tahun 2016 Tentang LHKPN Pasal 2 Ayat (1) menyebutkan pejabat wajib LHKPN terdiri atas: Walikota, Wakil Walikota, Pejabat Eselon II, Pengguna Anggaran, Kuasa Pengguna Anggaran, Pejabat Pembuat Komitmen, Pengawas Pemerintahan Urusan Pemerintah Daerah, Auditor, Kepala Unit Layanan Pengadaan, Sekretaris Unit Layanan Pengadaan, Kelompok Kerja pada Unit Layanan Pengadaan, Seluruh Pejabat yang mengeluarkan perizinan dan Pejabat lain dilingkungan Pemerintah Daerah atas permintaan KPK. (fn)

Comment