HomeEkonomi

Lima Fakta Menarik di Balik Aksi May Day 2018

Lima Fakta Menarik di Balik Aksi May Day 2018

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Ribuan elemen massa yang tergabung dalam berbagai aliansi tumpah ruah di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, pada hari ini, Selasa (1/5/2018). Ribuan massa tersebut berkumpul untuk menyuarakan aspirasinya dalam memperingati hari buruh sedunia atau may day 2018.

Awalnya, ribuan massa tersebut berkumpul di sekitaran patung kuda‎ dan melanjutkan aksi long march menuju ke Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Mereka berkumpul menjadi satu di depan Istana Merdeka untuk menyuarakan tuntutannya.

Berdasarkan pantauan, ribuan massa tersebut terdiri dari kalangan pria dan wanita, tua maupun muda. Tak sedikit juga elemen massa yang menampilkan beberapa cara unik dan menarik untuk menyampaikan aksinya. Berikut ada lima fakta yang cukup menarik dalam aksi May Day 2018 :

 1. Payung Besar ‎di Aksi May Day 2018

Massa yang tergabung dalam Forum Pekerja Media yang diinisiasi oleh Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) membawa sebuah payung besar dalam peringatan hari buruh sedunia atau May Day 2018.

Payung Besar di Aksi May Day di Jakarta (foto: Arie DS/Okezone)

Mereka membawa payung besar berwarna hitam yang cukup melindungi dari panas terik matahari. Aliansi Forum Pekerja Media tersebut berjalan dari patung kuda ke arah Istana Merdeka dengan menyuarakan beberapa tuntutan yang diantaranya yakni jaminan penuh bagi seluruh pekerja media.

Baca Juga:  Peringati May Day, Buruh se-Jabar Serukan 10 Tuntutan

2. Aksi Riders atau Pemotor di Hari Buruh Sedunia

Para riders atau pemotor juga ikut menghiasi aksi hari buruh sedunia yang digelar kawasan Medan Merdeka Jakarta Pusat‎, pada hari ini. Mereka yang merupakan massa dari pekerja perusahaan motor Honda.

Mereka ikut berkonvoi dari patung kuda untuk menuju Istana Merdeka. Tak berbeda dari yang lainnya, buruh perusahaan motor Jepang ini menyampaikan beberapa tuntutannya yang diantaranya upah yang layak bagi para buruh.

Aksi May Day di Jakarta (foto: Arie DS/Okezone)

3. Spanduk Besar Menghiasi Aksi Buruh di Jakarta

Spanduk besar yang dibawa oleh sejumlah massa aksi cukup menarik perhatian ditengah aksi long march dari patung kuda ke Istana Merdeka. Spanduk itu dibawa oleh sekira tujuh sampai sepuluh orang.

Baca Juga:  May Day, Puluhan Ribu Buruh Akan Sesaki Ibukota

Spanduk itu bergambarkan penjajahan pemerintah kepada kaum buruh Indonesia. Tak hanya itu, sebuah gambar di dalam spanduk yang dibentangkan itu juga mempertontonkan masih banyaknya kor‎uptor di Indonesia.

4. ‎Massa Salat di Tengah Aksi Buruh Sedunia

Seorang massa berkemeja merah tetap melaksanakan ibadah salat saat yang lainnya menyuarakan aspirasinya. Kejadian tersebut terjadi di pinggir trotoar jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, atau tepatnya di kantor Kementeriaan Perhubungan (Kemenhub).

Peserta Aksi Gelar Salat Ketika Peringati May Day di Jakarta (foto: Arie DS/Okezone)

Dengan beralaskan sebuah jaket hitam, pria tersebut tampak khusuk melaksanakan solat. Dia tidak memperdulikan hiruk pikuk massa aksi yang sedang berorasi untuk menuju depan Istana Merdeka.

5. Anak Kecil Ikut Orasi di Depan Istana

Seorang anak kecil tampak ikut menyampaikan aspirasinya di atas mobil komando yang terparkir di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Bocah yang sekiranya masih duduk di bangku sekolah ikut menyuarakan tuntutan untuk para buruh.

Dia juga membacakan sebuah puisi yang berisikan desakan untuk kesejahteraan para buruh di Indonesia. Sontak, orasinya tersebut membuat massa aksi yang hadir memberikan apresiasi kepada bocah itu.

(sumber:okezone/com)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0