HomePolitik

Diskusi Buku Ilusi Negara Islam: Pancasila dan UUD 1945 Sudah Cerminkan Islam

Diskusi Buku Ilusi Negara Islam: Pancasila dan UUD 1945 Sudah Cerminkan Islam

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Riset Maarif Institute Ahmad Imam Mujadid Rais dalam diskusi buku “ Ilusi Negara Islam”. Menurutnya, Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 sudah menjadi dasar dan falsafah kehidupan berbangsa.

Keduanya, Pancasila dan UUD 45 sudah mencerminkan nilai-nilai Islam. Sehingga mengubah Indonesia menjadi negara agama, baginya, adalah hal yang tidak perlu lagi.

“Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 sudah mencerminkan Islam. Itu yang tidak pernah dilihat oleh kelompok-kelompok pengusung khilafah,” kata Rais dalam diskusi buku “Ilusi Negara Islam” di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia, Depok, Kamis (18/5/2017).

Dalam kegiatan diskusi tersebut, selain Maarif Institute, juga dihadiri oleh sejumlah pembicara, yakni Koordinator Program Wahid Foundation untuk Promosi Kebinekaan dan Toleransi Bagi Kaum Muda Anis Hamim, sejarawan Universitas Indonesia Erwin Kusuma dan Ketua Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Nuruzzaman.

Baca Juga:  Menpan-RB Selidiki Dosen yang Ikut Kelompok Terlarang HTI

Kalaupun masih ada kekurangan dalam penerapan Pancasila dan UUD 1945, lanjut Rais, hal ini merupakan tanggung jawab kita bersama, baik itu pemerintah dan masyarakat. Soal negara Islam, kata Rais. Ini merupakan problem klasik, sudah pernah menjadi perseteruan oleh para ulama di masa awal kemerdekaan. Hal ini pun tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di negara-negara yang mayoritas muslim.

“Andai pemikiran negara Islam masih ada, mengapa tokoh-tokoh Islam seperti Hatta dan Nasir tidak memilih bergabung? Mereka percaya sudah ada aspek islami melalui perjuangan membangun negara dan melindungi masyarakat dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia,” imbuhnya.

Baca Juga:  Puluhan Ulama Jember Gelar Forum Silaturahmi Tolak Sistem Khilafah

Oleh karena itu, perdebatan tentang sistem ketatanegaan khilafah di Indonesia sebaiknya sudah tidak menjadi persoalan sengit dewasa ini. Justru aspek yang perlu dikritisi dan dicari solusinya ialah aspek keadilan sosial. Seperti yang termuat dalam sila ke-5 Pancasila. Ini pun merupakan cermin dari Islam yang mengutamakan nilai keadilan dalam berkehidupan dan berbangsa. “Negara Kesatuan Republik Indonesia harus bisa menjaga keadilan sosial,” pungkasnya. (ms/te/re)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0