Mahfud MD: Yang Seperti Amien Rais Itu Banyak

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Mantan Ketua Mahkamah Konsitusi (MK) Mahfud MD menilai penyebutan sejumlah tokoh oleh Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) dalam sebuah kasus korupsi atau suap merupakan hal yang wajar.

Hal tersebut merujuk pada fakta penyebutan nama Amien Rais yang diduga menerima uang Rp 600 juta dari terdakwa korupsi alat kesehatan mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari.

“Orang yang disebut seperti Pak Amien Rais itu kan banyak sekali,” ujar Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Diketahui, disebutnya nama Amien Rais dalam kasus korupsi alkes tersebut membuat yang bersangkutan membela diri. Amien pun berupaya untuk meyakinkan seluruh pihak bahwa dirinya sama sekali tidak terlibat apalagi sampai menerima aliran dana sepeserpun dari terdakwa.

Merujuk pada keterangan Mahfud MD, ia juga mencontohkan bagaimana dulu para pejabat negara kerap disebut dalam kasus korupsi oleh KPK. Misalnya, mantan Wakil Presiden Budiono yang juga pernah disebut dan sudah memberi kesaksiaannya.

Bahkan Ketua DPR Setya Novanto juga kerap disebut dalam kasus yang sama. Tetapi sampai hari ini, nama-nama yang disebut oleh KPK belum terbukti apakah benar dirinya terlibat atau tidak dalam kasus tindak pidana tersebut.

“Menurut saya, itu hanya semacam ritual penuntutan oleh KPK itu bahwa harus disebut biar jelas. Disebut itu kan belum tentu bersalah,” tambah Mahfud.

“Dulu sampai Presiden SBY, macem-macem kan banyak betul di kasus-kasus Nazaruddin. Tapi kan tidak apa-apa,” sambungnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menilai bahwa penyebutan nama politikus senior PAN itu lantaran ada pesanan tertentu. Ini yang kemudian membuat Amien Rais terpaksa terlibat dalam kasus korupsi dana alkes. (ms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90