HomeSkandalKontroversi

Marvel Comic Pecat Komikus Muslim Yang Memicu Kotroversi

Marvel Comic Pecat Komikus Muslim Yang Memicu Kotroversi

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Seorang Komukis Muslim asal Indonesia yang memicu kontroversi karena memasukkan referensi politik dan agama secara tersembunyi ke dalam karyanya setelah dipecat oleh Marvel Comic melakukan pembelaan dalam sebuah wawancara.

Ardian Syaf menarik perhatian saat salah satu lukisannya memuat nomor 212 di latar belakang, sebuah referensi untuk sebuah demonstrasi besar yang diadakan pada bulan Desember yang lalu menuntut Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama, yang dituduh menghujat Islam.

Komik yang beroposisi secara komersil membawa Marvel Comics untuk mengakhiri kontrak kontributor freelance, dengan mengatakan bahwa gambar Syaf bertentangan dengan pesan brand inklusif.

Dalam gambar kontroversial lainnya, Syaf menyelinap masuk angka 5:51, yang mengacu pada sebuah ayat dalam Quran yang beberapa ditafsirkan berarti bahwa umat Islam seharusnya hanya menunjuk orang-orang Muslim lainnya sebagai pemimpin.

Ayat tersebut telah digunakan oleh beberapa kelompok Islam dan lawan politik untuk mendiskreditkan Ahok, yang menghadapi putaran pemilihan pada hari Rabu kemarin.

“Bagi kami umat Islam, ini bukan pesan kebencian,” kata Syaf. “Ini adalah peraturan dari Allah, melalui ayat ini, Muslim tidak dapat memilih pemimpin non-Muslim, itu bukan kebencian.”

Syaf juga menyebutkan cemoohan dari industri lokal karena “tidak profesional”. Beberapa ilustrator percaya gambarnya merusak reputasi seniman Muslim lainnya.

“Dia tahu kepribadian tokoh komik yang dia gambar,” kata Aji Prasetyo, seorang penulis dan komikus.

“Jika karakter tersebut memperjuangkan persamaan hak dan menghormati perbedaan dalam kepercayaan, mengapa menempatkan simbol yang bertentangan dengan nilai-nilai ini?”

Tapi Syaf mengatakan bahwa dia tidak menyesal, bahkan jika langkah tersebut menempatkan karirnya dalam bahaya. (SD)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0