HomeMPR RI

Melalui Pentas Seni Budaya, MPR Sosialisasikan 4 Pilar Bangsa

Melalui Pentas Seni Budaya, MPR Sosialisasikan 4 Pilar Bangsa

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Salah satu program rutin Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) adalah memperkenalkan 4 pilar berbangsa dan bernegara, yakni Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk Negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Tidak seperti biasanya, kali ini, sosialisasi 4 pilar dilaksanakan dengan menggelar acara pentas seni budaya. MPR bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Salatiga dikemas dengan lomba lagu-lagu nasionalisme bertema “Penguatan Budaya untuk Mewujudkan Bhinneka Tunggal Ika.”

Acara tersebut dilangsungkan di Aula SMA 3 Salatiga, Jl. Kartini No. 34 Salatiga, Sidorejo, Jawa Tengah, Sabtu 6 Mei 2017. Dan dihadiri oleh anggota MPR RI H. Fadholi (Fraksi Partai Nasdem), Wali Kota Salataga Ahmad Rofai, Kepala Biro Humas Setjen MPR RI Siti Fauziah, Kepala Sekolah SMAN 3 Salatiga Yuliati Eka Atmojo, Rektor Unika Satyawacana, Kejari, Kapolres, Dandim dan ratusan pelajar serta masyarakat dari kota Salatiga dan sekitarnya.

Baca Juga:  PAN: Kami Dukung Jokowi-JK Hingga 2019

Fadholi mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi dengan metode ini baru pertama kali digelar.

“Sosialisasi melalui lagu di Kota Salatiga ini adalah yang pertama kali dilaksanakan,” tandasnya.

Ia menambahkan, banyak metode yang dapat dilakukan dalam membangkitkan jiwa nasionalisme generasi muda. Salah satunya ialah dengan pendekatan seni budaya (lomba lagu-lagu nasionalisme). Menurutnya, ini sebagai upaya untuk menanamkan rasa nasionalisme dalam jiwa generasi muda yang notabenenya sebagai penerus tonggak masa depan bangsa.

Wali Kota Salatiga Achmad Rofai sangat mengapresiasi dan mendukung MPR dalam memperkenalkan 4 pilar melalui pentas seni. Ia turut mengajak seluruh elemen masyarakat dan generasi muda untuk berpartisipasi dalam melestarikan budaya sebagai identitas dan jati diri bangsa.

Baca Juga:  Pesan Anggota DPR RI Saat Hadiri Acara Sosialisasi Empat Pilar di Pasuruan

“Dengan begitu, kita akan lebih mencintai tanah air Indonesia dan menjaga persatuan NKRI. Dan kegiatan seperti ini sebaiknya dilaksanakan secara rutin di berbagai wilayah di Indonesia,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Biro Humas Setjen MPR RI Siti Fauziah juga membenarkan bahwa kegiatan sosialisasi 4 pilar yang dikemas melalui pentas seni ini baru kali pertama dilaksanakan.

“Ini merupakan langkah konkrit MPR dalam melestarikan warisan budaya yang telah menjadi kekayaan intelektual. Guna menanamkan jiwa nasionalisme pada generasi muda,” pungkasnya. (ms/te)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: