Membangun Ibu Kota Nusantara Kerja Sama Indonesia-Jepang

SUARADEWAN.com – Dalam pertemuan antara Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, dengan mantan Perdana Menteri Jepang, Yasuo Fukuda pada 02/12/2022 di Kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta, dibicarakan peluang kerja sama dalam membangun Ibu Kota Nusantara.

Airlangga menyebutkan sektor-sektor membangun Ibu Kota Nusantara yang dibuka untuk investasi luar negeri. Yakni untuk fasilitas perumahan, perkantoran, kesehatan, dan pendidikan.

Yasuo dan Airlangga juga membahas pengiriman tenaga kerja ke Jepang.

Adapun Jepang tengah mengalami kekurangan tenaga ahli dikarenakan populasi di Jepang umumnya telah dalam usia tak produktif.

Sedangkan Indonesia mempunyai banyak sumber daya manusia yang dapat mengisi peluang kerja sebagai tenaga ahli Indonesia di negara Sakura tersebut.

Tenaga kerja magang yang akan dikirim Indonesia ke Jepang dapat juga nantinya bekerja kembali di Indonesia di bawah perusahaan Jepang. Ini berguna untuk transfer teknologi dan transformasi industri yang menjadi perhatian utama pemerintah saat ini, selain membangun Ibu Kota Nusantara.

Hal ini dilakukan dalam kelindan kerja sama perdagangan Indonesia-Jepang yang telah membukukan pertumbuhan 34,5% di periode 2021 dengan total transaksi 31,2 miliar dolar AS. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90