HomeEkonomi

Menkeu Sosialisasikan Kebijakan Transfer Daerah dan Dana Desa

Menkeu Sosialisasikan Kebijakan Transfer Daerah dan Dana Desa

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani sosialisasikan kebijakan transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) 2017 kepada pejabat-pejabat daerah di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis.

Dalam sosialisasi tersebut, Sri terutama soroti tentang kemampuan daerah dalam mengelola keuangannya. Menurut dia, tantangan pengelolaan transfer ke daerah dan dana desa yaitu perbaikan kapasitas daerah yang masih perlu diperbaiki.

Perbaikan tersebut antara lain menyangkut penggunaan anggaran daerah belum optimal, kapasitas perangkat desa belum memadai, dan kompetensi tenaga pendamping yang belum cukup.

Baca Juga:  Anggaran Khusus untuk Penanganan Covid-19 Lebih Rp500 Triliun di 2021

“Saya ingin menyampaikan bahwa manajemen keuangan sangat penting karena menggambarkan kemampuan untuk mengurangi beban-beban anggaran yang tidak perlu, sehingga menjadi lebih efisien,” kata Sri.

Menurutnya, tantangan tersebut menjadi pekerjaan rumah karena anggaran sudah dialokasikan tetapi pihak yang akan melaksanakan dan membimbing belum tersedia.

“Saya mengharapkan pemimpin daerah memberikan perhatian penuh pada hal ini,” ucap Sri.

Sebagaimana diketahui, postur transfer ke daerah sesuai APBN 2017 mencapai Rp704,9 triliun dan dana desa sebesar Rp60 triliun.

Baca Juga:  Per November 2020: Utang Pemerintah Sebesar Rp5.910,64 triliun

Jumlah total belanja negara untuk transfer ke daerah dan dana desa sesuai APBN 2017 mencapai Rp764,9 triliun, atau lebih besar Rp1,3 triliun dari belanja kementerian dan lembaga yang sebesar Rp763,6 triliun.

“Seluruh transfer ke daerah tujuannya adalah untuk menggempur masalah kemiskinan, apakah itu dari sisi dana pendidikan, dana kesehatan atau perbaikan infrastruktur mendasar,” tutup Srimulyani. (ET)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0