HomeEkonomi

Menko Ekonomi; Perekonomian Indonesia 2015 Hanya 4,8 Persen

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution pesimistis pertumbuhan ekonomi tahun ini bakal mencapai target. Namun begitu, Darmin mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal III-2015 lebih baik dibandingkan dua kuartal sebelumnya pada tahun ini. Bahkan, pertumbuhan ekonomi kuartal IV nanti diperkirakan bakal lebih tinggi lagi dengan ditopang paket kebijakan  ekonomi dan meningkatnya penyerapan belanja pemerintah.

Data Badan Pusat Statistik (BPS), ekonomi pada kuartal III-2015 secara tahunan (year on year) tumbuh 4,73 persen, meningkat dibandingkan kuartal I dan II, yang tumbuh masing-masing 4,72 persen dan 4,67 persen. Menurut Darmin, pertumbuhan ekonomi kuartal III belum ditopang sepenuhnya oleh peningkatan belanja pemerintah.

“Sampai akhir September, realisasi anggaran pemerintah belum cepat, belum drastis. Makanya belum naik (pertumbuhan ekonomi kuartal III),” katanya di Jakarta, Kamis (5/11).

Selain itu, per akhir September lalu, pemerintah baru merilis dua paket kebijakan ekonomi yang menjadi andalan untuk memacu pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi melambat karena penurunan harga komoditas yang merupakan andalan utama ekspor Indonesia.

Memasuki kuartal IV-2015, Darmin memperkirakan, penyerapan belanja pemerintah akan lebih cepat dan besar dibandingkan sembilan bulan pertama tahun ini. Enam paket kebijakan ekonomi yang sudah dirilis sejak bulan September hingga awal November ini juga dapat memacu investasi di kuartal terakhir tahun ini. Alhasil, ekonomi kuartal IV bisa tumbuh lebih tinggi lagi.

Sebelumnya, Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga akhir tahun ini 4,7 persen, dari taksiran awalnya sebesar 5,2 persen. Sedangkan Bank Pembangunan Asia (ADB) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia berkisar 4,8 persen-5,2 persen dari proyeksi awal sebesar 5,5 persen.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0