HomeHankam

Menko Polhukam : Pemerintah Tidak Serta Merta dan Tiba-tiba Ingin Bubarkan HTI

Menko Polhukam : Pemerintah Tidak Serta Merta dan Tiba-tiba Ingin Bubarkan HTI

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Kemanan Publik Indonesia (Menko Polhukam) Wiranto kembali menegaskan bahwa pemerintah tetap akan membubarkan ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Wiranto menjelaskan, keputusan pemerintah untuk membubarkan HTI bukanlah kebijakan yang serta merta dan tiba-tiba tetapi sudah merupakan satu kelanjutan dari proses kajian secara mendalam dan panjang.

“Jadi pengamatannya sudah cukup panjang, kita mempelajari, kita menilai apakah sesuai dengan apa yang diikrarkan dalam UU keormasan, apakah yang sudah dilakukan mereka sesuai dengan nafas NKRI, nafas Pancasila dan tujuan nasional,” sebut Wiranto saat selesai menggelar rapat tertutup di Kantor Kemenko Polhukam, Jakart, Jumat (12/5/17).

Baca Juga:  Politisi PPP: Gerakan Separatis di Papua Juga Perlu Dibubarkan

Dan berikutnya, Wiranto mengakui bahwa HTI ini memang organisasi kemasyarakatan, yang memang kegiatannya menyangkut dakwah, namun pada kenyataannya kegiatan dakwah yang dilakukan HTI telah masuk ke ranah politik, yang mengancam kedaulatan politik negara.

Baca Juga:  Ormas Islam Kembali Desak Pemerintah Percepat Pembubaran HTI

Wiranto pun menyebut, konsep khilafah yang diusung oleh HTI merupakan agenda politik, yang tujuannya ingin mengubah bentuk negara Indonesia.

“Di sini dari hasil pengamatan kita, hasil kita mempelajari berbagai literatur konsep khilafah, secara garis besar bersifat trans nasional, artinya apa berorientasi mentiadakan nation state, negara bangsa, untuk mendirikan pemerintahan Islam yang lebih luas lagi,” ujarnya menjelaskan. (dd/ok/dtk/)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0