oleh

Mentan Imbau Rakyat Kuasai Lahan Pertanian agar Datangkan Kesejahteraan

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengimbau kepada seluruh rakyat Indonesia, terutama yang berada di bagian timur Indonesia, agar bisa menguasai lahan pertanian guna mendatangkan kesejahteraan berlimpah.

Hal tersebut penting mengingat lahan-lahan pertanian di daerah-daerah bagian barat, seperti Jawa, Sumatera dan Kalimantan, kurang mendatangkan kesejahteraan rakyat karena lahan hampir sepenuhnya dikuasai oleh pemodal swasta.

“Lahan pertanian di Sumatera, Jawa, Kalimantan sudah banyak dikuasai perusahaan besar. Semestinya rakyat yang lebih bisa mendapatkan lahan,” ujar Amran, Selasa (20/6/2017).

Karena kondisi tersebut, tak salah ketika kesejahteraan di tiga daerah ini pertumbuhan kesejahteraan rakyatnya semakin menurun. Dan itu terlihat dari tingkat kesejahteraan daerah jika ditilik dari pertumbuhan ekonomi daerah.

Baca Juga:  Pembangunan Pertanian Cenderung Kejar Target Politis

Sesuai data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi di Sumatera selama triwulan I 2017 sebesar 4,05 persen dan Kalimatan 4,92 persen.

Jika dibanding dengan pertumbuhan ekonomi daerah di Sulawesi, justru pertumbuhannya cukup meningkat, yakni 6,87 persen.

“Kenapa Sulawesi pertumbuhannya paling tinggi? Karena lahannya mayoritas milik rakyat. Ada manfaat langsung yang diperoleh rakyat dari situ,” pungkasnya.

Baca Juga:  Menteri Pertanian Ajari Petani Putuskan Mata Rantai Tengkulak Gabah

Karenanya, ia pun berharap program redistribusi lahan pemerintahan Jokowi-JK bisa teralisasi secara optimal. Agar lahan-lahan yang selama ini menganggur, terlebih yang dikuasai oleh pemodal swasta, bisa dimanfaatkan oleh rakyat dengan menanm komoditas pangan strategis yang lebih mampu memicu kesejahteraan. (ms)

Komentar

Berita Lainnya