HomeEkonomi

Menteri Susi Bakar Mahasiswa untuk Jadi Pengusaha Ketimbang Pegawai

Menteri Susi Bakar Mahasiswa untuk Jadi Pengusaha Ketimbang Pegawai

YOGYAKARTA, SUARADEWAN.com – Menteri Kabinet Kerja Presiden Jokowi, yakni Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti, mendorong mahasiswa untuk menjadi pengusaha ketimbang menjadi pegawai negara.

Menurutnya, lebih baik mahasiswa itu kedepannya menjadi pimpinan perusahaan ketimbang menjadi Dirjen di Kementrian, sebab banyak sekali potensi di Indonesia yang bisa diolah menjadi hal bermanfaat.

“Kamu (mahasiswa) sebaiknya menjadi CEO dari pada direktur jenderal, jangan jadi pegawai negeri,” kata Susi dalam seminar di salah satu Universitas di Yogyakarta, Sabtu (6/5).

Baca Juga:  Menteri Susi Memention Kondisi Situ di Pamulang, Begini Tanggapan Airin

Ia mencontohkan pengalaman hidupnya pasca tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA. Saat itu, kata Susi, ia sudah mencoba berbagai jenis usaha mulai dari menjual hasil bumi, seprei, hingga menjadi pengusaha Ikan dan pesawat.

Susi menjelaskan, untuk menjadi pengusaha yang berhasil diperlukan tiga hal, yakni rasa senang, kemauan, dan konsistensi. Utamanya rasa senang. Jika rasa itu sudah merasuk ke dalam hati calon pengusaha, maka usaha yang dijalankan akan terasa ringan dan tidak membebani.

Baca Juga:  Kinerja KKP Kian Memuaskan

“Dan yang penting senang dulu terhadap usaha yang dijalaninya. Kalau terpaksa tidak akan jalan. Jangan (berharap) ekspektasi kecil, tetapi mau hasil yang besar,” ungkap Susi.

Selain itu, Ia juga menjabarkan kelebihan menjadi pengusaha ketimbang pegawai negeri. Menurutnya, dengan menjadi pengusaha maka orang akan memiliki kebebasan yang tidak dimiliki oleh pegawai negeri. (za/tr)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: