HomeSosial Budaya

Menuju Kongres HMI ke XXIX, Bambang Mendorong Kemajuan HMI

Menuju Kongres HMI ke XXIX, Bambang Mendorong Kemajuan HMI

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sebentar lagi akan menggelar Kongres ke -29. Momentum dua tahunan ini akan digelar tanggal 22-27 November 2015 di Pekanbaru, provinsi Riau.

Sebagai organisasi mahasiswa terbesar, agenda kongres ini tentunya telah ditunggu oleh banyak kader HMI di seluruh Indonesia. Pelaksanaan kongres mendatang diharapkan menghasilkan rekomendasi organisasi dan kepemimpinan yang berkualitas.

Salah satu dari banyak nama yang menjadi calon ketua umum PB HMI mendatang adalah Bambang Pria Kusuma. Saat ini ia menjabat sebagai Bendahara Umum PB HMI, dan sedang menyelesaikan studi magister kesejahteraan sosial di Universitas Indonesia.

Bambang atau yang lebih dikenal dengan Benk, menilai bahwa Kongres HMI adalah momentum penting bagi konsolidasi organisasi. Panjang lebar ia menjelaskan bahwa tantangan HMI kini adalah perubahan lanskap sosial dan politik, sehingga membutuhkan keberanian HMI untuk beradaptasi secara cermat.

“Penataan kapasitas organisasi harus jadi prioritas. Ada dua langkah. Pertama, HMI harus kuat sebagai learning organization, yaitu ruang bagi reproduksi visi kebangsaan. Kedua, harus sanggup jadi leading organization, karena spesialisasi HMI memang mencetak pemimpin.”

HMI secara organik selalu menjadi penggerak, baik di tengah masyarakat maupun di level pengambilan kebijakan. Karenanya HMI harus tetap jadi leader issue, dan leader gerakan baik dalam dimensi keumatan, maupun dinamika kebangsaan.

“Umat Islam kita kan paling besar di dunia. Islam di sini juga cenderung moderat dan mendamaikan perbedaan. Ini yang bangsa lain tidak punya. HMI siap membangun poros dakwah Islam yang rahmatan lil ‘alamin ini, minimal di Asia Tenggara kita bisa leading.” Lanjutnya.

“Syaratnya HMI sendiri harus berani menjadi poros kemajuan bagi masyarakat, berani merumuskan agenda-agenda prioritas ke depan. Dengan tantangan dan persaingan yang semakin ketat, kita harus berani memilih kemajuan.” Pungkas Bambang. (AW)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0