HomeHukum dan HAM

Minggu Depan KPK Periksa Menteri Desa PDTT

Minggu Depan KPK Periksa Menteri Desa PDTT

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Terkait penetapan tersangka pejabat di kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu lalu, KPK pekan depan rencananya akan memanggil Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo bersama sejumlah pejabat terkait di Kemendes PDTT untuk dimintai keterangan sebagai saksi.

Hal itu disampaikan juru bicara KPK Febri Diansyah pada wartawan Rabu, (31/5).

Selain Mendes Eko, saksi lain yang masuk dalam daftar pemeriksaan  penyidik KPK adalah Sekretaris Jenderal dan para Dirjen di Kemedes PDTT.

Baca Juga:  Ini 9 Daftar Calon Kepala Daerah yang Terjerat Kasus Korupsi

“Nanti kami sampaikan kapan jadwal persisnya, saat ini masih disusun,” kata Febri.

Dijelaskan Febri, KPK menduga perbuatan korupsi terkait pemberian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh BPK pada Kemendes PDTT untuk audit anggaran tahun 2016 itu dilakukan secara bersama-sama.

“Perbuatan tersebut kami menduga dilakukan bersama-sama. ‎Tentu keterlibatan pihak lain akan didalami, dari aturan yang ada, soal kewenangan. Semua kami lihat, siapa-siapa saja yang berwenang. Apakah yang berwenang di Kesekjenan atau inspektorat juga itu yang akan dipelajari‎,” ungkap Febri.

Baca Juga:  Didik J Rachbini: KPK Jangan Ngurusin Rp 15 Juta, Terlalu Recehan Walaupun itu Benar

Sejauh ini KPK sudah menetapkan empat orang tersangka terkait OTT mereka beberapa waktu lalu itu, yakni Inspektur Jenderal (Irjen) Kemdes PDTT‎ Sugito, pejabat Eselon III Kemdes PDTT‎ Jarot Budi Prabowo, Auditor Utama Keuangan Negara III BPK‎ Rochmadi Saptogiri dan Ali Sadli sebagai Eselon I BPK‎. (za/tr)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0