Minggu ini, Puluhan Ribu Ton Garam Australia Masuk ke Indonesia

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan sudah mengeluarkan izin untuk mengimpor garam kebutuhan konsumsi sebanyak 75.000 ton. Izin tersebut dikeluarkan setelah Kemendag menerima rekomendasi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Garam tersebut diimpor dari Australia dan secara bertahap mulai masuk ke Indonesia pada pekan ini melalui PT Garam. Dan akan didistribusikan melalui tiga pelabuhan yakni Pelabuhan Ciwandan, Pelabuhan Tanjung Perak, dan Pelabuhan Belawan.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di kantornya di Jakarta, Senin (31/7).

“Ini proses sedang berjalan dalam minggu ini dan impor sudah mulai masuk,” kata Enggar.

Baca Juga:  Kemenkop UKM Stop Beri Izin Usaha Koperasi Simpan Pinjam

Enggar menceritakan, pada Jumat sebelumnya sudah ia mengundang pihak kepolisian, Dirjen KKP dan Dirjen Daglu untuk membicarakan soal impor garam konsumsi ini.

“Jadi Jumat lalu saya undang Bareskrim, Dirjen KKP, dan Dirjen Daglu yang menyatakan bahwa kami siap rekomendasi untuk impor garam konsumsi kepada PT Garam sebesar 75 ribu ton,” tukasnya.

Dalam pertemuan itu pihak KKP mempersilakan Kemendag untuk mengimpor garam industri tanpa persetujuan dari KKP. Sebab, hal itu sudah diatur dalam Permendag Nomor 125 Tahun 2015 tentang Ketentuan Impor Garam.

Baca Juga:  Kemendag: Kuota Impor Daging Sapi Tidak Dibatasi, Silahkan Ajukan

“Kata Ibu KKP silakan impor dengan Permendag karena KKP belum siap dengan aturan turunan. Rekomendasi impor dari Kemendag itu hanya garam industri kalau garam konsumsi masih harus lewat KKP,” kata Enggar.

Keputusan mengimpor garam diambil Pemerintah untuk mengatasi kelangkaan pasokan garam di dalam negeri. Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, kelangkaan garam terjadi karena produksi garam lokal yang kurang.

“Kelangkaan garam itu kan karena panen tidak baik. Itu saja,” kata Susi di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Senin (31/7/).

Tinggalkan Balasan

banner 728x90