HomeDPD RI

Model Rekrutmen Akan Diganti, Sebab DPD RI Dinilai Minim Pengetahuan Tentang Daerah

Model Rekrutmen Akan Diganti, Sebab DPD RI Dinilai Minim Pengetahuan Tentang Daerah

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Panitia khusus (Pansus) RUU Penyelenggaraan pemilu tengah mengkaji usulan pemerintah mengenai model baru rekrutmen calon anggota DPD RI 2019 melalui panitia seleksi (pansel).

Usulan tersebut muncul, lantaran anggota DPD RI dinilai tidak memiliki pemahaman yang luas mengenai daerah yang diwakilinya. Hal itu terbukti dari penyampaian aspirasi daerah pada kebijakan nasional yang faktanya tidak efektif.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Pansus RUU Pemilu Lukman Edy melalui keterangannya, Rabu (26/4).

“Panja RUU Pemilu sedang mempertimbangkan usulan pemerintah untuk mengubah cara pemilihan anggota DPD pada pemilu 2019 nanti. Kalau usulan pemerintah ini disetujui oleh Panja, maka signifikan untuk merubah cara rekruitmen anggota DPD,” kata Lukman.

Baca Juga:  Langgar Pasal 52 Tatib DPD, AM Fatwa : Irman Gusman Harus Mengundurkan Diri

Lukman mensimulasikan model pemilihan calon anggota DPD RI tersebut sebagai berikut. Pansel dibuat oleh Gubernur dengan unsur pansel adalah unsur akademisi, pemerintah, dan masyarakat. Ada seleksi tertulis tentang pemahaman soal 4 pilar, ketatanegaraan, pembangunan daerah, dan otonomi daerah. Serta ada kewajiban untuk membuat makalah tentang pembangunan daerah.

“Seperti akan ada 40 orang per 4 orang bakal calon yang diseleksi, kemudian hasil seleksi 40 orang dikirimkan ke DPRD provinsi untuk fit and proper test untuk dipilih 20 orang terbaik. Hasil fit and proper test DPRD baru dijadikan daftar calon tetap DPD untuk dipilih rakyat,” beber Lukman.

Baca Juga:  Sahrin Hamid Resmi Daftar DPD RI

Politikus PKB ini menuturkan, jika simulasi ini jadi direalisasikan, maka mekanisme pengumpulan fotokopi KTP sebagai syarat mencalonkan diri seperti sebelumnya tidak akan diberlakukan lagi. Apalagi cara itu memang diketahui tidak efektif dan berkualitas, sebab ditemukan banyak calon yang hanya membeli fotokopi KTP saja. (ZA/dt)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: